Coba Ini, 6 Cara Mengembalikan Semangatmu Setelah Kelelahan

Oleh Liputan6.com pada 06 Agu 2019, 10:30 WIB
Cegah Rasa Lelah, Coba Lakukan 5 Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja overtime, bermain terlalu lama, bahkan berbelanja terlalu lamadapat menyebabkan tubuh kelelahan, dan merusak momen terbaikmu.

Fatigue atau (kelelahan) juga bisa diakibatkan oleh stres dan kurang berolah raga, atau bahkan pola makan yang tidak sehat.

Keadaan yang lelah bukan berarti mengharuskan diri kita untuk mengkonsumsi cafein yang berlebihmaupun istirahat yang berlebih.

Dikutip dari brightside, Selasa (5/8/2019), berikut cara untuk mengembalikan semangat dan moodmu setelah kelelahan.

2 of 7

1. Tidurlah Selama 20 Menit

Tidur Nyenyak Tidur Pulas
Ilustrasi Foto Tidur (iStockphoto)

Penelitian mengatakan bahwa waktu selama 20 menit adalah waktu yang paling sempurna untuk beristirahat, dan setelah terbangun, tubuh akan lebih terasa produktif atau berenergi.

Maksimalkan tidur selama 20 menit dengan senyaman mungkin, seperti menggunakan masker tidur serta di tempat gelap tanpa ada gangguan.

Setelah terbangun, cuci wajahmu dengan sedikit air agar lebih menyegarkan lagi. dengan begitu, pekerjaan siap dilanjutkan.

3 of 7

2. Menghirup Wangi Kayu Manis

Kayu Manis
Kayu manis tekenal memiliki efek anti-diabetes (iStockphoto)

Wangi kayu manis memberikan efek yang baik untuk meningkatkan kinerja otak manusia, meningkatkan daya ingat, serta menghilangkan rasa panik.

Dengan kinerja otak yang baik akan mempermudah pekerjaan, dikarenakan otak yang bisa bekerja cepat dan lebih produktif.

Selain harum kayu manis, wangi seperti buah lemon dan minyak esensial juga dapat merelaksasi.namun, penggunaan minyak esensial harus berhati-hati karena dapat menyebabkan alergi.

4 of 7

3. Meminum Air Putih Sebanyak Mungkin

Cara Melangsingkan Badan dengan air putih
Cara Melangsingkan Badan dengan air putih (sumber: istockphoto)

Menurut ahli, dehidrasi juga dapat menyebabkan fatigue bahkan kekurangan energi. Akibat lainnya yaitu pusing, berkunang-kunang, bahkan hingga mood swing.

Selain untuk kebaikan tubuh bagian dalam, banyak meminum air putih juga memberikan vitamin pada wajah, sehingga bisa lebih bugar, dan wajah lebih muda.

5 of 7

4. Dengarkan Musik Kesukaanmu

Ilustrasi dengar musik
Musik sudah menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan generasi milenial. Jutaan lagu dari berbagai genre yang ada di seluruh dunia,

Musik jelas bisa meningkatkan mood menjadi lebih baik, selain itu mendengarkan musik kesukaanmu juga meningkatkan tekanan darah. Dengan begini, akan meningkatkan kreatifitas seseorang.

Di balik semua itu, dengan bernyanyi maupun mengikuti nada akan mengurangi tingkat stress yang ada pada diriseseorang, serta melupakan masalah kecil yang terjadi sehari-harinya.

6 of 7

5. Memakan Kacang Almond

Almond
Kacang almond kaya akan Omega-3 yang bisa melawan efek penuaan.

Kacang Almond adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi menjadi makanan ringan. Hal ini dikarenakan makanan ini mengandung riboflavin dan L-carnitine yang sekali lagi berguna untuk meningkatkan kinerja otak manusia.

Kacang almond juga kaya akan magnesium, mineral, serta vitamin lainnya sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Namun, kacang inijuga menimbulkan alergi bagi yang tidak cocok dengan kacang-kacangan.

7 of 7

6. Memijat Telapak Kaki

Cara Mudah Atasi Pegal di Telapak Kaki (Staras/Shutterstock)
Cara Mudah Atasi Pegal di Telapak Kaki (Staras/Shutterstock)

Cobalah untuk memijat telapak kaki tepat di daerah yang memiliki otot pelepas stress, pijatan yang sesuai serta di tempat yang tepat akan melepas setress dan merenggangkan otot-otot kaki.

Telapak kaki memang tempat yang memiliki paling banyak otot sehingga dia mudah pegal, namun jika dipijat dengan baik akan sangat melepas kelelahan.

 

Reporter: Windy Febriana

Lanjutkan Membaca ↓