Motor Hingga Barbie, Ini Benda yang Disembah Penganut Aliran Sesat Dunia

Oleh Liputan6.com pada 02 Agu 2019, 21:00 WIB
Boneka Barbie (AP PHOTO/Mark Lennihan via The Epoch Times)

Liputan6.com, Jakarta - Agama merupakan sebuah kepercayaan yang menghubungkan pandangan dunia dengan manusia dari tatanan atau perintah kehidupan. Sekitar 4.200 agama yang berkembang di dunia.

Di dalam agama terdapat beberapa praktik seperti ritual, khotbah, pemujaan Tuhan atau dewa-dewi dan aspek lain dari kebudayaan manusia.

Walaupun memiliki perbedaan dalam setiap ajarannya, tiap agama pasti mengajarkan hal-hal yang baik. Namun, di dunia tetap saja terdapat sejumlah aliran sesat dengan menyembah benda aneh untuk berdoa. Mulai dari orang biasa hingga boneka barbie di sebuah pulau.

Seperti yang diambil dari beberapa sumber, berikut benda-benda aneh yang dianggap Tuhan oleh ajaran aliran sesat:

2 of 8

Menyembah Orang

Ilustrasi Wanita
Ilustrasi Wanita (pixabay.com)

Di New York terdapat sebuah kelompok aliran sesat yang bernama Nxivm. Dipimpin oleh Keith Raniere, kelompok ini mempercayai bahwa sang pemimpin sebagai dewa yang akan membuka kehidupan lebih memuaskan bagi para pengikutnya.

Aliran sesat ini menjalankan skema primadia sekte seks yang didalamnya terdapat para perempuan yang menjadi budak dan memaksanya untuk berhubungan seks dengan Raniere.

Sekitar 16.000 orang telah menjadi anggota dalam sekte tersebut yang beroperasi dari berbagai kota besar di Amerika, Kanada, Meksiko dan Amerika Tengah. Selain menjadi budak seks, anggota Nxivm mengeluarkan biaya sebesar Rp 28 juta untuk berkumpul di Silver Bay, New York untuk merayakan 'ulang tahun' mingguan Raniere.

Di acara tersebut, terdapat 'upacara penghormatan' kepada Raniere yang dikenal dengan nama Vanguard Week oleh para pengikut.

Akhirnya pada Mei 2019 lalu, Raniere telah ditangkap sebelum melakukan 'upacara pengabdian kembali' di rumahnya oleh pihak berwenang.

3 of 8

Komet

Ini yang Terjadi Jika Komet Swift-Tuttle Menabrak Bumi
Ilustrasi hujan meteor Perseid (Wikipedia)

Pada tahun 1997, telah terjadi peristiwa jatuhnya Komet Hale-bopp yang melintas dekat matahari.

Saat itu ada sekumpulan orang yang percaya bahwa jiwa mereka akan mencapai pesawat asing yang mengikuti komet tersebut. Namun dengan syarat mereka harus melakukan bunuh diri agar jiwanya benar-benar sampai ke pesawat.

Bunuh diri tersebut dilakukan dengan menaruh kantong plastik di kepala mereka sampai lemas dan tak bernyawa.

4 of 8

Sepeda Motor

Kecelakaan Kendaraan Bermotor atau Kecelakaan Roda Dua
Ilustrasi Foto Kecelakaan Motor (iStockphoto)

Umumnya, sepeda motor berguna sebagai alat transportasi manusia. Namun di Negara Bagian Rajasthan, India kendaraan ini menjadi benda untuk mereka puja.Siapapun yang melewati kuil berisi sepeda motor, akan memberi penghormatan pada kuil itu.

Waktu itu, seorang pengendara motor bernama Om Banaji mengalami kecelakaan motor pada 1991. Polisi yang membantu kemudian mengambil motor tersebut. Anehnya, motor sang korban kembali ke tempat asal kecelakaan.

Beberapa hari kemudian, kendaraan itu pun diletakkan di sebuah kuil. Para pengguna jalan kini menyembahnya saat melintasi, berdoa untuk keselamatan perjalanan.

5 of 8

Pohon

Akar pohon
Ilustrasi Akar pohon (Sumber: Pixabay)

Sebuah Desa Burmakino, Rusia terdapat sebuah pohon unik. Pada batang bohon tersebut terlihat penampakan aneh yang menyerupai Yesus Kristus yang tidak sengaja ditemukan penjaga kebun.

Warga pun kemudian menyembah pohon yang dianggap sebagai wajah Yesus Kristus dengan yakin bahwa rupa itu akan memberikan suatu tanda. Tidak memiliki gereja merupakan salah satu alasan penduduk Desa Burmakino untuk berdoa pada pohon tesebut.

Para pemimpin gereja ortodoks sangat terkesan pada pohon itu. Mereka pun berencana ingin membangun gereja di desa itu.

6 of 8

Daging Asap

Daging Sapi Mentah
Ilustrasi Foto Daging Sapi (iStockphoto)

Sebagian masyarakat di Las Vegas menyembah daging atau bacon yang mereka namain Gereja Bacon. Mereka diketahui adalah orang-orang yang penyuka daging.

Berbagai kegiatan yang dilakukan disana seperti pernikahan, pemakaman, bahkan pembaptisan atas nama daging asap. Gereja ini membuka situs website untuk mengajak siapa pun yang ingin bergabung dalam komunitas tersebut. Hingga saat ini, anggotanya mencapai 4.000 orang.

Dilansir oleh Mirror.com, pendiri gereja ini bernama John Whiteside yang seorang atheis asal Las Vegas. Ia mengaku mendirikan gereja bacong untuk membalas penghinaan dan diskriminasi terhadap atheis.

"Kebencian terhadap atheis tak memiliki stigma, tak seperti fobia pada homoseksual, Islam, anti-semit, dan rasisme. Ini harus diubah," ungkap John.

7 of 8

Boneka Barbie

Barbie
Boneka Barbie di Museum Sejarah Amerika Smithsonian, 11 Juni 2015 di Washington, DC. (AFP)

Boneka barbie adalah salah satu mainan yang sangat digemari anak kecil perempuan. Siapa sangka, justru boneka cantik ini menjadi barang untuk disembah di Singapura.

Sebuah kuil berusia 117 tahun di selatan Pulau Ubin, Singapura terdapat komunitas yang menyembah berhala berupa boneka Barbie. Kegiatan ini berawal dari warga asli sana yang memimpikan boneka Barbie selam tiga hari berturut-turut.

Kebanyakan orang yang datang berasal dari Singapura dan Malaysia. Mereka percaya boneka itu memiliki keguatan magis. Boneka itu juga dihiasi dengan lipstick, kuteks, wewangian, dan kosmetik lainnya yang dibawa dari pendatang.

 

Reporter: Aqilah Ananda Purwanti

8 of 8

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓