Eks Menlu Australia Jadi Chancellor ANU, Jabatan Bergengsi di Dunia Akademik

Oleh Liputan6.com pada 02 Agu 2019, 13:03 WIB
Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop dalam sesi ramah tamah Bali Process Business Forum 2018, di Nusa Dua, Senin 6 Agustus 2018 (Johan Tallo / Liputan6.com)

Liputan6.com, Canberra - Nama Julie Bishop kini tengah jadi sorotan di Negeri Kanguru, pasalnya Mantan Menteri Luar Negeri Australia itu pada Kamis 1 Agustus 2019 diumumkan akan menduduki salah satu jabatan bergengsi di dunia akademik.

Ia disebut akan menduduki posisi sebagai Chancellor Australian Natiional University (ANU) di Canberra.

Jabatan Chancellor dalam dunia akademik di Australia adalah setingkat di atas rektor. Kendati demikian Chancellor tidak memiliki kuasa untuk menjalankan kegiatan universitas sehari-hari.

Rektor di universitas Australia disebut sebagai Vice Chancellor.

Di Indonesia, jabatan Chancellor tersebut tidak ada padanan yang sama, mungkin setaraf dengan Ketua yayasan dari sebuah universitas swasta.

Bishop yang sebelumnya juga pernah menjadi Wakil Ketua Partai Liberal yang sekarang memerintah akan menggantikan mantan menteri luar negeri lainnya Gareth Evans yang sudah menduduki jabatan tersebut sejak tahun 2010.

Julie Bishop akan mulai menduduki jabatan Chancellor ini di tahun 2020.

2 of 2

Respons Julie Bishop

Penutupan Bali Process 2018
Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop saat Penutupan Bali Process 2018 di Nusa Dua Bali, Selasa (7/8). Bali Process menghasilkan strategi tiga cabang guna mengakhiri praktik perbudakan modern, dan perdagangan manusia. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Julie Bishop meninggalkan dunia politik sebagai anggota parlemen beberapa bulan lalu, setelah gagal untuk menduduki lagi jabatan dalam kepemimpinan Partai Liberal kalah dari PM Scott Morrison dan Menteri Dalam Negeri Peter Dutton.

Dia menjadi Menteri Luar Negeri Australia antara tahun 2013 sampai 2018 dan menjadi Wakil Ketua Partai Liberal dari tahun 2007 sampai 2018.

Dalam rekaman yang sudah dibuat sebelumnya mengenai pengangkatannya, Julie Bishp mengatakan bangga bisa membantu universitas terbaik di Australia tersebut.

"Adalah kehormatan besar untuk memangku jabatan sebagai Chancellor ANU." katanya.

"ANU memiliki jaringan secara global, dan di kawasan ini merupakan salah satu institusi paling penting milik Australia, dan saya berharap bisa bekerja untuk membantu mendukung dan memperkuat kepentingan nasional kita tersebut."

Julie Bishop merupakan Chancellor perempuan pertama ANU dalam 60 tahun sejarak berdirinya universitas yang berlokasi di ibukota Canberra tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓