Chile Diguncang Gempa Magnitudo 6,8, USGS Sebut Tak Ada Potensi Tsunami

Oleh Tanti Yulianingsih pada 02 Agu 2019, 12:33 WIB
Diperbarui 03 Agu 2019, 13:15 WIB
Gempa Bumi

Liputan6.com, Santiago - Gempa bumi bermagnitudo 6,8 mengguncang pesisir pantai Chile pada Kamis 1 Agustus 2019 waktu setempat. Survei Geologi AS (USGS) mengatakan besaran lindu tersebut, sementara pemerintah setempat menyebut sejauh ini belum ada laporan tentang kerusakan.

Gempa itu, awalnya dilaporkan bermagnitudo 6,5, berpusat 140 kilometer barat daya kota pantai Valparaiso di Chile tengah, kata USGS seperti dikutip dari Gulf News, Jumat (2/8/2019).

Gempa itu sangat dangkal di bawah dasar laut.

Sejauh ini tak ada korban cedera, kerusakan atau gangguan pada layanan dasar yang telah dilaporkan, Kantor Darurat Nasional Chile mengatakan dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa lembaga pemerintah sedang memantau situasi.

"Layanan informasi angkatan laut juga menyimpulkan bahwa gempa bumi tidak menimbulkan risiko tsunami," kata pernyataan itu.

Chile, yang terletak di jalur Ring of Fire atau Cincin Api Pasifik, memiliki sejarah panjang gempa mematikan, termasuk lindu berkekuatan 8,8 pada 2010 di lepas pantai selatan-tengah yang memicu tsunami dan menghancurkan kota-kota pesisir.

2 of 2

Saksikan Juga Video Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓