Sukses

Konflik Bilateral Kian Memanas, China Larang Warganya Berwisata ke Taiwan

Beijing mengatakan akan melarang wisatawan dari 47 kota di Tiongkok untuk bepergian ke Taiwan.

Liputan6.com, Beijing - Baru-baru ini China kembali memberikan tekanan terhadap Taiwan. Beijing mengatakan akan melarang wisatawan dari 47 kota di Tiongkok bepergian ke Taiwan sendiri. Hal itu mempertimbangkan hubungan kedua negara saat ini.

Larangan ini berlaku mulai 1 Agustus, menurut penyataan pada Rabu dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata China, seperti dikutip dari Time.com, Kamis (1/8/2019).

Dengan adanya pengumuman itu, warga negara China hanya dapat melakukan perjalanan ke Taiwan jika mereka tergabung dalam kelompok wisata.

Pernyataan kementerian itu tidak memberikan perincian lebih lanjut mengenai alasan di balik larangan. Langkah tak terduga itu terjadi ketika China berupaya mengisolasi Taiwan dan Tsai Ing-wen - presiden mendukung kemerdekaan.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jubir Bungkam

Sementara itu, Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying menolak untuk menjawab pertanyaan tentang keputusan tersebut. Ia meminta wartawan untuk berbicara dengan departemen terkait urusan dengan Taiwan.

Dewan Urusan Daratan di Taipei menolak berkomentar segera ketika dihubungi.

"Ini mengejutkan bagi kita semua. Kami semua sangat khawatir tentang hal itu," kata Benny Wu, ketua Asosiasi Agen Perjalanan Taipei, melalui telepon. "Ini akan memiliki dampak besar pada pariwisata dan ekonomi Taiwan. Hotel, restoran semua akan terpengaruh."

China adalah pengunjung terbanyak Taiwan dan menyumbang hampir sepertiga dari total pengunjung ke pulau itu pada Mei 2019, menurut perhitungan Bloomberg berdasarkan data yang diterbitkan oleh biro pariwisata Taiwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • taiwan