Sukses

Tembaki Pasukan Israel di Gaza, Pria Palestina Tewas Diserang Balik

Seorang warga Palestina terbunuh, tiga tentara Israel terluka dalam aksi baku tembak di Gaza.

Liputan6.com, Gaza - Tentara Israel mengatakan, seorang pria Palestina menyeberang dari Gaza ke Israel pada Rabu 31 Juli 2019 malam waktu setempat. Lelaki itu menembaki pasukan mereka dan memicu tembakan balasan.

Al Jazeera yang dikutip Kamis (1/8/2019) melaporkan, insiden itu menewaskan pria Palestina tersebut dan mengakibatkan tiga tentara Israel terluka.

Satu tank Israel juga menargetkan sebuah pos terdepan militer milik Hamas, yang memerintah Jalur Gaza, selama insiden itu, kata militer Israel dalam sebuah pernyataan.

Pihak militer Israel juga menambahkan bahwa seorang perwira militer mengalami cedera sedang dan dua tentara lainnya luka ringan akibat penembakan Palestina di daerah selatan Jalur Gaza.

Penembakan terbaru terjadi ketika penasihat senior AS dan menantu Presiden Donald Trump, Jared Kushner, sedang dalam tur Timur Tengah untuk mempromosikan rencana perdamaiannya.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketegangan Sejak Maret 2018

Ada ketegangan di sepanjang garis yang memisahkan Gaza dan Israel sejak protes dan bentrokan meletus di sana pada Maret 2018.

Setidaknya 297 warga Palestina telah terbunuh di Gaza atau daerah perbatasan oleh tembakan Israel sejak saat itu, mayoritas selama demonstrasi.

Tujuh orang Israel telah terbunuh.

3 dari 3 halaman

Gencatan Senjata PBB

Aksi protes telah menurun dalam intensitas baru-baru ini setelah gencatan senjata yang ditengahi oleh pejabat PBB dan Mesir.

Di bawah gencatan senjata, Israel setuju untuk mengambil langkah-langkah untuk meringankan aspek-aspek blokade terhadap Gaza, tetapi Palestina menuduhnya memperlambat perjanjian seraya menambahkan bahwa mereka belum mengambil langkah-langkah yang cukup untuk meringankan kondisi ekonomi yang melumpuhkan di daerah enclave pantai.

Palestina telah menyerukan diakhirinya blokade 12 tahun Israel di Jalur Gaza, yang telah menghancurkan ekonomi daerah enclave pantai dan merampas dua juta penduduknya dari banyak fasilitas dasar.

Israel dan Hamas telah berperang tiga kali sejak 2008.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.