Sukses

Wamenlu RI Minta Negara OKI Kompak Melawan Fobia Islam

Pertemuan perdana Kelompok Kerja Organisasi Konferensi Islam (OKI) untuk Perdamaian dan Dialog telah dilaksanakan di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Pertemuan perdana Kelompok Kerja Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk Perdamaian dan Dialog telah dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 29-30 Juli 2019.

Pertemuan telah berhasil menyusun Rencana Aksi Bersama untuk Perdamaian dan Dialog. Rencana aksi tersebut tersusun dalam pertemuan yang dihadiri 15 wakil negara OKI pada tingkat pejabat senior dan Wakil Tetap di Jakarta pada tanggal 29-30 Juli 2019.

Wakil Menteri Luar Negeri, Bapak A. M. Fachir, saat membuka acara menegaskan pentingnya persatuan dan upaya bersama negara OKI untuk memajukan perdamaian dan dialog guna menciptakan kondisi dunia yang lebih baik.

"Jangan ada ruang untuk selisih paham untuk mengatasi fobia Islam (Islamophobia) dan tindak diskriminasi pada sesama Muslim," ujar Wamenlu dalam sambutan pembukaannya, seperti dikutip dari rilis resmi Kemlu RI, Rabu (31/7/2019).

Wamenlu mendorong pertemuan pertama Kelompok Kerja OKI yang dilaksanakan di Jakarta untuk menyiapkan dasar-dasar rencana aksi bersama agar OKI memiliki strategi bersama dalam menghadapi perselisihan antar umat beragama.

Ia menekankan pula bahwa OKI harus selalu menjadi bagian dari solusi untuk masalah-masalah yang mengemuka di dunia saat ini seraya meminta negara OKI melakukan dialog yang konstruktif dan menggunakan cara-cara damai dalam menyelesaikan masalah.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Dibawa ke PBB

Dokumen rencana aksi untuk perdamaian dan dialog selanjutnya akan dibawa ke Pertemuan Tingkat Menteri OKI pada bulan September 2019 di New York, di sela-sela kegiatan Sidang Majelis Umum PBB. Pertemuan di New York mendatang diharapkan dapat mensahkan dokumen rencana aksi tersebut.

Wakil Sekretaris Jenderal OKI untuk Hubungan Politik, Mr. Yousef M. AlDobeay, yang menjadi pimpinan pertemuan, menyampaikan apresiasi atas peran utama Indonesia mendorong penciptaan Kelompok Kerja OKI untuk Perdamaian dan Dialog dan menjadi tuan rumah pertemuan pertama kelompok kerja tersebut.

Dokumen rencana aksi antara lain berisikan tujuan dan bentuk aktivitas yang dapat dijalankan negara anggota OKI untuk mendorong perdamaian dan dialog dalam bentuk pendidikan, seminar, studi bersama, dan rencana kerja sama dengan sejumlah Badan PBB dan organisasi regional.

Pertemuan kelompok kerja OKI untuk Perdamaian dan Dialog merupakan mandat dari hasil pertemuan Menteri Luar Negeri OKI ke-46 yang berlangsung di Abu Dhabi pada bulan Maret lalu.

Pertemuan OKI di Jakarta terakhir kali diselenggarakan pada bulan Maret 2016 saat Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa OKI untuk Palestina dan Al-Quds Al-Sharif dan bulan November 2018 saat Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan perdana Kepala Otoritas Pengawas Obat dan Makanan OKI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.