Sukses

Tanah Milik Raja Thailand Akan Bebas dari Pajak

Raja Thailand akan dibebaskan dari pajak untuk sebagian tanah miliknya, demikian menurut sebuah pengumuman yang beredar.

Liputan6.com, Bangkok - Raja Thailand akan dibebaskan dari pajak untuk sebagian tanah miliknya, menurut sebuah pengumuman.

Hal itu menjadi salah satu perubahan besar dalam urusan kerajaan, setelah Raja Thailand Maha Vajiralongkorn naik takhta sejak 2016, lapor Reuters.

The Crown Property Bureau lembaga yang mengelola kepemilikan monarki bernilai jutaan dolar dan mengendalikan sebagian besar tanah di Bangkok, memang ditempatkan di bawah kendali langsung raja sejak 2017.

Menurut dokumen yang diterbitkan untuk publik, bebas pajak ini berlaku pula untuk tanah dan bangunan yang "digunakan untuk urusan negara," seperti diwartakan oleh portal berita daring The Star dikutip Selasa (30/7/2019).

Selain itu, properti yang digunakan untuk urusan umum lain oleh raja Thailand atau anggota keluarga kerajaan juga akan akan digratiskan. Satu bangunan lain yang dibebaskan dari pajak adalah tempat keagamaan.

Simak pula video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kisah Asmara Raja Thailand dengan 4 Wanita

Raja Vajiralongkorn sering menjadi pusat perhatian. Ia adalah figur multi-talenta yang sempat menjadi perwira karier militer hingga menjadi pilot untuk pesawat Boeingnya.

Meski demikian, sang raja baru Thailand juga sering kali disorot terkait hubungan pribadinya. Sebagaimana diketahui, ia telah menikah empat kali. Tiga istri pertamanya telah diceraikan karena alasan tertentu.

Berikut adalah ketiga mantan istri Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, mengutip laman The Weekly Times.

3 dari 6 halaman

1. Wanita Darah Biru

Kisah cinta sang raja baru Thailand bermula pada awal 1970an. Saat itu ia menikahi istri pertamanya yang juga masih sepupunya sendiri.

Wanita berdarah biru yang dimaksud bernama Soamsawali Kitiyakara, keponakan Ratu Sirikit. Pernikahan Vajiralongkorn dan Soamsawali berawal dari perjodohan.

Sayangnya, pernikahan keduanya tidak mulus. Selama pernikahan, Vajiralongkorn terlibat dalam skandal perselingkuhan dengan seorang aktris.

Bahtera pernikahan Maha Vajiralongkorn kdengan Soamsawali kemudian kandas pada 1993. Meski demikian, Soamsawali tetap menjadi bagian dari kerajaan.

4 dari 6 halaman

2. Aktris

Saat masih berstatus sebagai suami Soamsawali, Vajiralongkorn telah membina hubungan dengan Sujarinee Vivacharawongse yang merupakan seorang aktris. Nama panggung perempuan cantik itu adalah Yuvadhida Suratsawadee dan sering berjuluk Benz.

Menurut Weekly Times, Maha Vajiralongkorn saat itu bahkan telah menjadi ayah dari lima anak di luar pernikahan.

Namun kemudian sang raja menikahi Sujarinee sebagai istri kedua pada 1994. Saat itu, Putri Soamsawali dipindahkan ke tugas yang lebih kecil di dalam keluarga kerajaan.

Kisah pernikahan Vajiralongkorn dan Sujarinee tak berakhir lama. Pada 1996, sekitar tiga tahun setelah menikah, keduanya bercerai.

5 dari 6 halaman

3. Wanita Cantik

Usai bercerai dengan Sujarinee, Maha Vajiralongkorn menikahi Srirasmi Suwadee pada 2001. Srirasmi adalah perempuan cantik yang telah menjadi pelayan pangeran sejak berumur 22 tahun.

Wanita kelahiran 9 Desember 1971 itu sempat mengenyam pendidikan di salah satu universitas negeri di Bangkok.

Pencabutan satus itu diajukan sendiri oleh Srirasmi secara tertulis, kepada Raja Thailand Bhumibol Adulyadej.

Pernikahannya dengan Vajiralongkorn bertahan cukup lama yakni hingga 2014. Keduanya sering terlihat bersama, bahkan dalam sebuah pesta ulang tahun anjing milik sang raja baru. Dalam pesta itu, Srirasmi disebut-sebut tampil telanjang.

Tak lama setelah perceraian, Srirasmi dilaporkan mengundurkan diri dari keluarga kerajaan Thailand dan kembali sebagai rakyat jelata.

Beberapa minggu sebelum perceraian, terjadi serangkaian penangkapan terhadap kerabat dekat Srirasmi. Mereka diduga terlibat korupsi, tampaknya mengisyaratkan bahwa perpisahan akan segera terjadi.

Pamannya, mantan kepala Biro Investigasi Pusat di Pongpat Chayapan, didakwa dengan korupsi termasuk dugaan pemerasan dan penyelundupan minyak, mengutip The Diplomat.

Sementara itu, tiga saudara lelakinya, Natthapol, Sitthisak, dan Narong, serta saudara perempuannya Sudathip juga dituduh mencemarkan nama baik monarki Thailand. Akibatnya, Vajiralongkorn meminta agar pemerintah menghapus nama keluarga yang diberikan kerajaan kepada keluarga istrinya, yakni Akkrapongpreecha.

Raja Bhumibol Adulyadej dilaporkan telah menawarkan 200 juta baht (sekira Rp 89 miliar) untuk mengkompensasi perceraian.

Sementara itu, Srirasmi harus meninggalkan anak satu-satunya, Pangeran Dipankorn Rasmichoti kepada Maha Vajiralongkorn.

Pangeran Dipankorn itu telah berangkat dari Bangkok pada 12 Desember 2014 ke Munich, dan akan bersekolah di sana. Saat ini, pangeran turut diasuh oleh Suthida Vajiralongkorn yang merupakan permaisuri raja Thailand, secara resmi menikah pada 2 Mei 2019.

6 dari 6 halaman

4. Pengawal Pribadi

Sementara itu, Suthida Tidjai baru saja dipinang Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn, pada Rabu, 1 Mei 2019. Bukan figur asing sebenarnya lantaran Ratu Suthida cukup lama menjadi pengawal pribadi sang raja dan sering menghadiri acara publik bersama.

Dilansir dari Associated Press perempuan yang lahir pada 3 Juni 1978 ini dulunya merupakan pramugari Thai Airways. Disebutkan bahwa Raja Thailand pertama kali bertemu Ratu Suthida di sebuah penerbangan.

Raja Vajiralongkorn dan Ratu Suthida (Sumber: INSIDER)

Berdasarkan surat kabar lokal seperti dilansir dari Channel News Asia, Ratu Suthida merupakan lulusan universitas swasta di Bangkok, Assumption University, dengan gelar Sarjana Komunikasi pada 2000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.