Sukses

29-7-1981: Pernikahan Megah Pangeran Charles dan Putri Diana

3.500 orang menghadiri upacara sakral di gereja St Paul, 750 juta pemirsa menyaksikan lewat siaran langsung televisi.

Liputan6.com, London - Enam ratus ribu orang tumpah ruah di jalanan London pada hari ini, 38 tahun lalu, tepatnya 29 Juli 1981. Mereka bersuka cita menyambut pernikahan pewaris takhta Kerajaan Inggris yang merupakan anak pertama Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles.

Kala itu, Charles yang usianya 33 tahun, menikahi Diana Spencer, anak dari salah satu keluarga bangsawan Britania: John Spencer (Earl Spencer ke-8) dan Frances Ruth Roche.

Pesta perkawinan dilangsungkan di Katedral St. Paulus. Sebanyak 3.500 undangan menghadiri upacara sakral di gereja tersebut. Sementara 750 juta warga dunia menyaksikan peristiwa bersejarah ini lewat layar kaca.

Dilansir dari BBC, pernikahan Pangeran Charles dan Lady Di diberkati oleh Arbishop Canterburry, Dr. Robert Runcie. Usai mengucapkan janji suci, Charles dan Diana menyapa penduduk London melalui Balkon Buckhingham Palace.

Setelahnya, pasangan beda 12 tahun ini kembali masuk ke istana dan menggelar acara pribadi bersama 120 undangan khusus. Di depan ratusan tamu spesial, mereka bersulang untuk merayakan kebahagiaan dan persatuan cinta keduanya.

Tak hanya pernikahan Putri Diana yang menjadi sorotan dunia, namun gaun pengantinnya pun menarik perhatian khalayak ramai.

Dilansir dari Emirates247.com, di saat Putri Diana melangkahkan kaki di altar Katedral St Paul, gaun dengan ekor sepanjang 7,62 meter menjadi salah satu baju pernikahan paling indah dan dikenang di seluruh dunia.

Gaun yang digunakan oleh Princess of Wales itu terbuat dari sutra taffeta dengan detail renda antik berwarna putih gading yang mewah. Gaun ini juga dihiasi dengan bordir di bagian tangan, disertai manik-manik dan kian menambah kesan glamor dengan 10 ribu mutiara.

Harga gaun Putri Diana ditaksir mencapai 9.000 pound sterling atau setara dengan Rp 152,3 juta -- pada tahun 1981.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rahasia Besar

Namun, rupanya ada rahasia besar di balik kemewahan gaun Diana. Ini diungkapkan oleh sang perancang, yaitu David Emanuel.

David mengatakan, ia harus menghentikan sketsa gaun milik Diana dan merobek-robeknya sebelum orang lain melihatnya.

"Diana datang sendiri sebanyak tiga atau empat kali, dan bertanya apakah ibu saya boleh hadir? Aku berkata, ya tentu saja," ujar David.

"Saya memperlihatkan sebuah sketsa dan menyobeknya karena tak ingin desain itu tersebar," tambah David.

David pun menambahkan, menjaga kerahasiaan gaun tersebut adalah prioritas dari seorang perancang. Jika desain gaun itu tersebar, maka David harus membuat rancangan baru.

"Kala itu kami ingin memastikan jika gaun itu adalah sebuah kejutan," kata Elizabeth istri David.

"Bahkan, kami tak pernah mencobakannya kepada Diana," tambahnya.

Sementara itu, sejarah lain mencatat, pada tanggal yang sama, tahun 1958, badan antariksa pemerintah Amerika Serikat, NASA, resmi didirikan. Akan tetapi, agensi ini dibentuk atas dasar 'rasa malu'. 

Awal mula NASA diciptakan sebenarnya untuk menanggapi peluncuran satelit pertama Uni Soviet, Sputnik I 4 Oktober 1957, yang kemudian AS merasa tersaingi.

Selain itu pada1883, mantan pemimpin Italia Benito Mussolini lahir ke dunia. Dirinya dikenal sebagai diktator di Negeri Pizza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.