Sukses

Polisi Hong Kong Bersiap Hadapi Demonstrasi Besar-besaran Hari Ini

Demonstrasi besar-besaran akan kembali terjadi di Hong Kong pada Minggu (28/7/2019).

Liputan6.com, Hong Kong - Demonstrasi besar-besaran akan kembali terjadi di Hong Kong pada Minggu (28/7/2019). Massa akan menggelar pawai dari Chater Garden yang terletak di Central ke Taman Peringatan Sun Yat Sen di Barat, dekat Kantor Penghubung China.

Namun, Polisi menyatakan, pengunjuk rasa hanya bisa berkumpul di Chater Garden - setelah permohonan pawai ditolak polisi - tetapi ada kekhawatiran beberapa orang mungkin mengabaikan keputusan itu. Aksi tersebut akan dimulai pukul 15.00 waktu setempat.

Jelang aksi, polisi telah memasang Water Barriers di sekitar Kantor Polisi Distrik Barat Hong Kong serta Kantor Penghubung China di dekatnya. Polisi juga telah dikerahkan ke stasiun di luar Kantor Penghubung China.

Tindakan pencegahan itu dilakukan mengingat sebelumnya protes anti-ekstradisi juga menargetkan markas polisi di Admiralty dan massa melakukan vandalisme di Kantor Penghubung China pada 21 Juli.

Sementara itu, seperti dilansir The Straits Times, batu bata di trotoar yang diletakkan di Connaught Road West - dekat markas besar polisi dan kantor polisi serta Kantor Penghubung - telah direkatkan sehingga tidak dapat digali oleh pengunjuk rasa dan digunakan sebagai senjata melawan penegak hukum.

Beberapa toko di daerah tersebut memutuskan untuk tutup lebih awal sebelum demonstrasi di mulai. Sementara toko lainnnya juga ada yang tidak buka sama sekali.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kekerasan di Yuen Long

Protes yang direncanakan di pulau utama kota Hong Kong dilakukan setelah bentrokan antara demonstran dan polisi di kota utara Yuen Long sehari sebelumnya, ketika protes yang dilarang polisi berubah menjadi kekerasan.

Pada Sabtu 27 Juli, pengunjuk rasa, yang menurut organisator berjumlah sekitar 288.000, muncul di Yuen Long New Territories untuk menunjukkan penentangan mereka terhadap serangan 100 pria berpakaian putih yang dipersenjatai dengan tongkat dan batang logam. dan dikatakan terkait dengan triad.

Serangan itu menimpa massa protes anti-ekstradisi di pulau Hong Kong seminggu sebelumnya pada 21 Juli serta para penumpang yang turun di stasiun MRT Yuen Long. Serangan itu menyebabkan 45 orang terluka. Polisi dikritik karena tanggapan mereka lambat terhadap kekerasan para penyerang.

Aksi pada Sabtu 27 Juli di Yuen Long, yang dilarang polisi, dimulai sebagai demonstrasi damai. Namun aksi berujung bentrokan dan kekacauan di jalan-jalan dan di stasiun MRT Yuen Long di mana pengunjuk rasa mundur.

Polisi mengatakan, beberapa demonstran mulai memblokir jalan-jalan dan mengelilingi Kantor Polisi Yuen Long. Beberapa pengunjuk rasa menggunakan tiang logam, perisai buatan sendiri untuk menyerang petugas polisi. Mereka juga memindahkan pagar dari jalan untuk memblokade jalan.

Sementara itu, penyelenggara protes pada Sabtu di Yuen Long telah dibawa polisi, kata seorang pengacara hak asasi manusia kepada The Straits Times.

Max Chung, yang izinnya untuk mengadakan rapat umum di Yuen Long ditolak polisi, ditangkap setelah berbicara di Forum Kota di Victoria Park pada Minggu. Forum itu merupakan agenda publik mingguan yang mempertemukan para politisi, akademisi dan tokoh-tokoh penting untuk membahas isu-isu terkini.

 

3 dari 3 halaman

Pemerintah Mengecam Keras

Pemerintah Hong Kong mengecam keras para pengunjuk rasa yang mengambil bagian dalam kekerasan terhadap Yuen Long pada Sabtu 27 Juli, dengan mengatakan bahwa polisi akan mengambil tindakan tindak lanjut yang serius.

Dalam sebuah pernyataan pada Minggu 28 Juli pagi, pemerintah Hong Kong mengatakan, "Sangat menyesal bahwa beberapa orang masih mengambil bagian dalam prosesi publik dan pertemuan publik di Yuen Long, meskipun ada larangan dan keberatan oleh polisi."

"Setelah prosesi publik, beberapa pengunjuk rasa radikal menuduh garis penjagaan polisi, merusak kendaraan polisi dan memblokir jalan. Pemerintah mengecam keras para pemrotes karena melanggar perdamaian publik dan melanggar hukum dengan sengaja. Polisi akan mengambil tindakan serius dengan para pemrotes yang kejam itu."

Pemerintah Hong Kong mengungkap, polisi telah menangkap 11 pria, berusia antara 18 dan 68 tahun, karena pelanggaran termasuk majelis yang melanggar hukum, kepemilikan senjata ofensif, menyerang petugas polisi dan penyerangan. Setidaknya empat petugas polisi terluka.

Otoritas Rumah Sakit mengatakan bahwa pada pukul 08.00 hari ini, 24 orang dirawat di rumah sakit setelah ikut aksi protes. Dua dari yang terluka berada dalam kondisi serius.

Hong Kong telah terjerumus ke dalam krisis terburuk dalam sejarah baru-baru ini setelah jutaan demonstran turun ke jalan - dan konfrontasi kekerasan sporadis meletus antara polisi dan sejumlah demonstran keras.

Demonstrasi dipicu oleh RUU kontroversial yang akan memungkinkan buron diekstradisi ke beberapa yurisdiksi, termasuk China. Sementara Kepala Eksekutif Carrie Lam mengatakan RUU itu telah ditangguhkan, ia tidak berbuat banyak untuk menenangkan kemarahan publik, yang menuntut penarikan penuh.

Protes terhadap RUU ekstradisi sejak itu berkembang menjadi seruan untuk reformasi demokrasi yang lebih luas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.