Cuma Punya Aset Ponsel... Ini Pemimpin Dunia Termiskin Vs Presiden Terkaya

Oleh Tanti Yulianingsih pada 25 Jul 2019, 19:21 WIB
Diperbarui 26 Jul 2019, 14:16 WIB
20170106-Presiden-Termiskin-Uruguay-Jose-Mujica-AFP

Liputan6.com, Jakarta - Nama Jose Mujica yang merupakan mantan presiden Uruguay, dijuluki sebagai pemimpin negara termiskin di dunia ketika ia menjabat sebagai Orang Nomor Satu di negara itu.

Saat menduduki kursi kepresidenan dari 2010 sampai 2015, bekas gerilyawan itu sempat bergaji hanya US$ 12.000 per bulan.

Namun upahnya sebagai presiden selalu ia sumbangkan sebesar 90 persen untuk badan amal, menurut DW yang dikutip pada Rabu, 17 Juli 2019.

Selain Mujica, berikut presiden termiskin lainnya versus pemimpin terkaya di dunia yang dikutip dari beragam sumber, Kamis (25/7/2019):

2 of 4

PM Nepal Hanya Punya Aset Ponsel

Perdana Menteri Nepal Sushil Koirala
Perdana Menteri Nepal ke-37 Sushil Koirala. (AFP)

Menurut laporan yang dikutip dari BBC, Perdana Menteri Nepal ke-37 Sushil Koirala juga disebut sebagai "pemimpin 'termiskin di dunia".

Koirala yang berusia 75 tahun, selain memiliki 3 ponsel - salah satunya adalah iPhone dan yang lainnya tidak berfungsi, tidak memiliki aset lain atas namanya.

Itu tidak banyak, bahkan dibandingkan dengan Mujica, yang kepemilikannya hanya terdaftar adalah Volkswagon Beetle yang berusia 20 tahun, dilaporkan bernilai US$1.900 pada tahun 2010. Koirala dilaporkan tidak memiliki tanah: Dia tinggal di rumah sewaan hingga saat ini; dia tinggal di kediaman resmi perdana menteri.

Gaya hidup Koirala dikatakan berasal dari seleranya yang sederhana. Menurut BBC, ia bahkan mengembalikan US$ 650 yang ia terima sebagai uang saku untuk perjalanan baru-baru ini ke Burma.

Berhemat baik Mujica maupun Koirala tampaknya telah dipengaruhi oleh tahun-tahun radikal mereka yang lebih muda: Mujica sebelumnya adalah anggota kelompok gerilya sayap kiri Tupamaros, sementara Koirala dipenjara di usia 30-an karena keterlibatannya dalam pembajakan pesawat.

Dia tinggal di kediaman saudaranya setiap kali dia mengunjungi kota.

"Dia adalah pria dengan selera yang sangat sederhana," kata jurnalis Netra KC, yang berbasis di Nepalgunj. "Sebenarnya, dia bergantung pada sumbangan pekerja partainya dan pemerintah bahkan ketika dia harus pergi ke Amerika Serikat untuk perawatan medis."

3 of 4

Paus Fransiskus Bergaji Nol

Pertama Kali, Paus Fransiskus Kunjungi Uni Emirat Arab
Paus Fransiskus tersenyum saat tiba di bandara Internasional Abu Dhabi di Uni Emirat Arab (3/2). Kunjungan ini menjadi momen bersejarah karena menjadi kunjungan pertama Paus Fransiskus di Jazirah Arab. (AP Photo/Andrew Medichini)

Berikutnya adalah kepala Gereja Katolik, Paus Fransiskus. Meskipun secara teknis Paus bukan seorang pemimpin, tetap saja, ia termasuk di antara beberapa pemimpin dunia yang paling kuat.

Jorge Mario Bergoglio, dan dikenal sebagai Paus Fransiskus dikenal rendah hati dan hidup dengan cara hidup yang sederhana dan hemat. Gaji tahunannya nol.

Sebelum bergabung dengan seminari, ia bekerja sebagai teknisi kimia dan penjaga klub malam. Pada usia 33, ia ditahbiskan menjadi imam dan selama 6 tahun ia adalah Pemimpin Provincial Superior of the Society of Jesus di Argentina. Pada tahun 1998, ia menjadi Uskup Agung Buenos Aires dan 3 tahun kemudian menjadi Kardinal.

Paus Fransiskus dikenal rendah hati dan hidup dengan cara hidup yang sederhana dan hemat.

Alih-alih tinggal di kediaman kepausan Istana Apostolik, ia memilih untuk tinggal di Wisma Domus Sanctae Marthae. Dia juga memilih untuk mengenakan pakaian yang lebih sederhana tanpa ornamen apa pun.

Dia sangat menekankan bahwa orang Kristen memiliki kewajiban untuk membantu orang miskin dan yang membutuhkan, serta mempromosikan negosiasi damai dan dialog antaragama.

4 of 4

Presiden Terkaya

Putin resmikan jembatan terbesar di Rusia
Presiden Rusia, Vladimir Putin seusai mengemudikan truk melintasi jembatan baru yang menghubungkan wilayah Rusia dan Semenanjung Crimea di Kerch, Selasa (15/5). Jembatan Crimea membentang di atas Laut Hitam dan Laut Azov (Alexander Nemenov/Pool via AP)

Menurut Busy.org, Presiden Rusia Vladimir Putin masuk dalam jajaran pemimpin dunia terkaya.

Vladimir Putin adalah Presiden Rusia saat ini, memegang jabatan tersebut sejak 7 Mei 2012. Ia lahir 7 Oktober 1952 di Saint Petersburg, Rusia. Menurut Forbes, nilai kekayaan Vladimir Putin adalah US$70 miliar dan posisi pertama dalam daftar presiden terkaya di dunia. Gajinya US$ 187 ribu per tahun.

Raja Baru Thailand Maha Vajiralongkorn (AFP Photo)

Di posisi kedua ada Raja Thailand Maha Vajiralongkorn yang memiliki kekayaan bersih mencapai US$30 miliar.

Maha Vajiralongkorn adalah pemimpin dunia terkaya dan saat ini menjabat sebagai kepala negara dengan jabatan terlama. Dia memiliki reputasi besar di negaranya. Dia adalah putra tunggal Raja Bhumibol Adulyadej dan Ratu Sirikit. Menurut Forbes, nilai kekayaan Maha Vajiralongkorn menduduki posisi kedua dalam daftar presiden terkaya di dunia.

Pemimpin Brunei Darrusalam, Sultan Hassanal Bolkiah (AFP/Roslam Rahman)

Posisi ketiga teratas dalam daftar pemimpin dunia terkaya ditempati oleh Hassanal Bolkiah (Sultan Brunei).

Hassanal Bolkiah memiliki tempat tinggal pribadi terbesar. Dia menerbangkan pesawat Boeing 747-400 miliknya sendiri. Dia memiliki banyak koleksi mobil khusus untuknya. Menurut Forbes, nilai kekayaan Hassanal Bolkiah US$20 miliar.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by