Lakukan 5 Hal Ini Saat Berwisata di Luar Negeri, Bisa Berujung Bui

Oleh Siti Khotimah pada 24 Jul 2019, 12:31 WIB
Tempat Wisata yang Bakal Hilang

Liputan6.com, Jakarta - Piknik ke luar negeri menjadi pilihan bagi mereka yang memiliki uang dan ingin pergi jauh untuk sementara waktu. Maka tak elak, cara wisata ini sering dianggap bergengsi.

Bagi Anda yang memilih pergi wisata ke negara asing, harus hati-hati. Pastikan Anda telah membaca sekilas tentang budaya, norma, serta hukum di tempat tujuan. Khususnya, berkaitan dengan hal-hal apa saja yang dilarang dilakukan di sana.

Berikut adalah lima hal yang tidak boleh Anda lakukan di tempat wisata negara lain, seperti dilansir dari laman List Verse pada Selasa (23/7/2019).

 

2 of 6

1. Bertelanjang Dada di Venesia

kanal-kanal di kota Venesia mengering akibat anomali cuaca - AFP
kanal-kanal di kota Venesia mengering akibat anomali cuaca - AFP

Bagi Anda yang gemar berjalan-jalan dengan bertelanjang dada, tampaknya harus waspada jika berwisata ke Venesia. Kota di Italia ini mengharuskan wisatawan untuk mengenakan baju di sejumlah spot. Jika mereka mengenakan pakaian yang tidak sesuai, maka dapat didenda hingga € 500 (sekitar Rp 7.800.000).

Selain itu, Anda juga tidak boleh makan di tempat umum, khususnya di kawasan wisata utama. Hal itu dalam rangka mencegah masalah yang disebabkan oleh keteledoran turis.

3 of 6

2. Membawa Plastik ke Capri, Italia

Pulau Capri Jadi Inspirasi Koleksi Parfum Terbatas Ini
Dolce & Gabbana lansir koleksi parfum terbatas yang terisnpirasi dari pulau Capri di Italia.

Pulau Capri di Italia sangat dijaga oleh warga setempat, termasuk dari sampah plastik yang membahayakan lingkungan. Maka jangan kaget, jika mereka tidak memperbolehkan Anda menggunakan plastik sekali pakai di tempat wisata.

Sedotan dan gelas plastik adalah sebagian dari barang yang dilarang. Kedua hal itu tidak lagi tersedia di restoran maupun kafe setempat.

Nah, apa jadinya jika Anda didapati mengenakan plastik sekali pakai? Anda berpotensi didenda dengan jumlah yang sama di Venesia, yakni hingga € 500 (sekitar Rp 7.800.000).

Jadi pastikan, Anda membawa keranjang atau tas belanja saat berjalan-jalan di Pulau Capri. Karena nominal dendanya, lumayan digunakan untuk belanja suvenir.

4 of 6

3. Menginjak Uang di Thailand

Tempat Wisata di Bangkok
Ilustrasi Tempat Wisata di Bangkok (sumber: unsplash)

Warga Thailand sangat menghormati keluarga kerajaan dan patuh dengan hukum lese-majeste. Sebagian dari norma yang mengikat adalah, dilarang memberikan komentar negatif atau melecehkan keluarga raja.

Salah satu larangan dari hukum tersebut adalah menginjak uang kertas. Hal itu karena wajah raja terdapat pada mata uang Negeri Gajah Putih.

5 of 6

4. Memotret Sembarangan

Ilustrasi kamera ponsel
Ilustrasi kamera ponsel (Sumber: Pixabay)

Bagi Anda yang memiliki kegemaran fotografi, bukan berarti Anda dapat mengambil gambar sesuka hati di semua tempat. Di beberapa tempat, memotret tanpa izin dapat menyebabkan didenda atau ditahan.

Pada tahun 2018, seorang turis Inggris di Mesir ditangkap karena memfoto bandara di mana secara tidak sengaja menangkap sebuah helikopter militer di latar belakangnya.

Selain itu, Prancis juga sangat sensitif jika wisatawan mengambil foto pasukan keamanannya. Tindakan itu bisa membuat kamera Anda disita.

6 of 6

5. Mandi di Air Mancur Romawi

Ketika Salju Selimuti Kota Baalbek di Lebanon
Salju menutupi kota Baalbek di Lebanon kuno di timur Lembah Bekaa (17/1). Baalbek terkenal karena reruntuhan kuil Romawi di wilayah ini. (AP Photo)

Mandi air mancur Romawi mungkin tampak seperti aktivitas yang sempurna untuk wisata di musim panas. Namun, aktivitas itu bisa membuat Anda didenda.

Seperti Venesia, Roma juga menindak turis yang melanggar norma. Para pejabat menetapkan standar "pakaian pantas dipakai" untuk wisatawan serta melarang duduk di air mancur ataupun tangga.

Bermain atau mandi di air mancur yang terkenal akan dikenakan denda € 450 (Rp 4.000.000).

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait