Sukses

PBB: Penghancuran Rumah Palestina oleh Israel Langgar Hukum Internasional

Penghancuran rumah Palestina oleh Israel di Tepi Barat melanggar hukum kemanusiaan internasional, kata para pejabat PBB.

Liputan6.com, Yerusalem - Penghancuran rumah Palestina oleh Israel di Tepi Barat melanggar hukum kemanusiaan internasional, kata para pejabat PBB. Israel dilaporkan telah menghancurkan sekelompok rumah Palestina yang berlokasi dekat dengan tembok pemisah di Tepi Barat pada Senin 22 Juli 2019.

Rumah-rumah itu, klaim Israel, dibangun secara ilegal dan berdiri terlalu dekat dengan tembok --yang memisahkan area Tepi Barat yang diduduki permukimaan Israel dengan wilayah orang Palestina.

Namun, bagi PBB, penghancuran itu adalah "sesuatu yang sama sekali tidak diperlukan" dan tidak sesuai dengan kewajiban di bawah hukum humaniter internasional."

"Penghancuran properti pribadi di wilayah pendudukan hanya diperbolehkan jika dianggap mutlak diperlukan untuk operasi militer, yang kini tak lagi berlaku. Lebih jauh lagi, hal itu mengakibatkan pengusiran paksa, dan berkontribusi terhadap risiko pemindahan paksa yang dihadapi banyak warga Palestina di Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur," kata pejabat-pejabat UNOCHA, UNRWA, dan UNOHCHR seperti dikutip dari UN News, Selasa (23/7/2019).

"Itu mengakibatkan pengusiran paksa, dan berkontribusi pada risiko pemindahan paksa yang dihadapi banyak warga Palestina di Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur".

Pernyataan itu mengatakan bahwa pasukan Israel memasuki komunitas awal pada Senin 22 Juli 2019 pada malam gelap gulita.

Operasi skala besar memaksa keluarga keluar dari rumah mereka dan menghancurkan sejumlah bangunan tempat tinggal di sisi Yerusalem Timur dari tembok pembatas.

"Di antara mereka yang dipindahkan secara paksa atau yang terkena dampak lainnya adalah pengungsi Palestina, beberapa di antaranya saat ini menghadapi kenyataan perpindahan kedua dalam memori hidup," kata para pejabat PBB.

Mereka menyatakan bahwa sementara mitra kemanusiaan siap untuk memberikan respon darurat kepada mereka yang kehilangan tempat tinggal atau terkena dampak perusakan properti pribadi mereka, "tidak ada jumlah bantuan kemanusiaan yang dapat menggantikan rumah atau menutupi kerugian finansial besar yang berkelanjutan hari ini oleh pemiliknya."

Beberapa orang yang terkena dampak melaporkan telah menginvestasikan tabungan mereka di properti, setelah mendapatkan izin bangunan yang diperlukan dari Otoritas Palestina.

"Apa yang terjadi hari ini di Sur Bahir bahkan lebih penting, karena banyak rumah dan bangunan lain sekarang berisiko nasib yang sama," kata para pejabat senior PBB.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Melanggar Hukum Internasional

Pada tahun 2004, Mahkamah Internasional (ICJ), memutuskan untuk tidak membangun Tembok Pembatasa Usulan Israel dan menemukan bahwa bagian-bagian berjalan di dalam Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur - termasuk rumah-rumah di Sur Bahir.

"Tidak dapat dibenarkan oleh urgensi militer dan dengan demikian Israel melanggar hukum internasional," kata pernyataan dari ICJ seperti dikutip dari UN News.

Selain itu, dalam resolusi 20 Juli 2004, Majelis Umum PBB, menuntut agar Israel mematuhi kewajiban hukumnya sebagaimana dinyatakan dalam pendapat penasihat ICJ.

"Seandainya ada tindakan konkret untuk memastikan penghormatan terhadap prinsip-prinsip itu, dan untuk hukum humaniter internasional dan hak asasi manusia, secara umum, orang-orang Sur Bahir tidak akan mengalami trauma seperti mereka hari ini, dan pelanggaran terhadap hak-hak mereka," pernyataan itu menyimpulkan.

3 dari 3 halaman

Israel Hancurkan Rumah Palestina

Israel dilaporkan telah menghancurkan sekelompok rumah Palestina yang berlokasi dekat dengan tembok pemisah di Tepi Barat pada Senin 22 Juli 2019.

Rumah-rumah itu, klaim Israel, dibangun secara ilegal dan berdiri terlalu dekat dengan tembok --yang memisahkan area Tepi Barat yang diduduki permukimaan Israel dengan wilayah orang Palestina.

Pasukan keamanan bergerak ke Sur Baher, Yerusalem Timur, untuk merobohkan bangunan yang dikatakan menampung 17 orang, demikian seperti dikutip dari BBC, Selasa (23/7/2019).

Sekitar 700 petugas polisi Israel dan 200 tentara terlibat dalam operasi di desa Wadi Hummus, di tepi Sur Baher.

Baca selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.