Sukses

Langgar Wilayah Udara Korea Selatan, Jet Tempur Rusia Diberi Tembakan Peringatan

Jet Rusia dianggap melanggar wilayah udara Korea Selatan pada Selasa 23 Juli 2019.

Liputan6.com, Seoul - Korea Selatan mengatakan pihaknya melepaskan tembakan peringatan ke pesawat militer Rusia. Insiden pada Selasa 23 Juli 2019 itu dilaporkan terjadi akibat armada Negeri Beruang Merah melanggar wilayah udara negara itu di lepas pantai timur.

Menurut laporan Straits Times, Selasa (23/7/2019), sejumlah jet Rusia melanggar wilayah udara Korea Selatan. Hal itu yang diduga mendorong Angkatan Udara Korea Selatan mengirim  jet tempur dan melepaskan tembakan peringatan kepada armada tersebut. Demikian menurut keterangan seorang pejabat di Kepala Staf Gabungan Korea Selatan kepada AFP.

"Itu adalah pertama kalinya sebuah pesawat Rusia melanggar wilayah udara Korea Selatan," kata pejabat itu, seraya menambahkan bahwa militer sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Sementara itu, The Guardian melaporkan bahwa Kementerian pertahanan di Seoul mengatakan pesawat militer China juga terdeteksi masuk ke zona identifikasi udara Korea Selatan pada hari Selasa.

Kendati demikian, pihak kementerian sejauh ini belum memberikan rincian lebih lanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.