Sukses

9 Hari di Luar Angkasa, Ini Foto-Foto Menakjubkan Neil Armstrong Cs Saat ke Bulan

Berikut gambar-gambar menakjubkan ekspedisi Armstrong CS selama sembilan hari di angkasa luar.

Liputan6.com, Jakarta - Pada 20 Juli 1969, tiga manusia telah mendaratkan kakinya di Bulan. Para astronaut itu adalah Neil Armstrong, Edwin Aldrin, dan Michael Collins.

Mereka menempuh perjalanan sembilan hari di luar angkasa, termasuk waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan pulang dan pergi. Misi ambisius didukung sepenuhnya oleh Presiden Amerika Serikat kala itu, Richard Nixon.

Para astronaut yang melakukan ekspedisi pendaratan di Bulan membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen langka dan menakjubkan. Dokumentasi itu salah satunya berbentuk foto.

Bagi Anda yang penasaran bagaimana menakjubkannya gambar yang diambil oleh tiga astronaut pertama yang mendarat di Bulan, simak informasi berikut seperti dilansir dari BBC News pada Senin (22/7/2019).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Siap-Siap Berangkat

Beberapa saat sebelum misi Apollo 11 berangkat mengantariksa, foto ini diambil. 16 Juli 1969, Neil Armstrong tertangkap kamera tengah membawa ventilator oksigennya. Ia memimpin kru menaiki roket Saturn V.

Saat itu mereka berkeyakinan akan empat hari berjalan di Bulan.

 

3 dari 11 halaman

Meluncur

Waktu yang ditunggu-tunggu pun datang. Waktu menunjukkan pukul 09.32 EDT. Sebuah roket yang membawa kru Apollo 11 diluncurkan.

Berita baik muncul beberapa puluh menit setelahnya. Armstrong mengatakan, para kru sangat nyaman. Ia juga menyebut, perjalanan itu menyenangkan.

4 dari 11 halaman

Tampak Collins dalam Roket

Satu jam perjalanan, Armstrong mengambil foto Michael Collins. Saat itu ia didapati tengah memegang kamera TV.

5 dari 11 halaman

Di Tengah Perjalanan, Menengok ke Bumi

Dalam perjalanan menuju Bulan, para kru tak sanggup untuk tidak menyaksikan keindahan di sekitar mereka: pesona Bumi dari angkasa luar.

Mereka mengambil gambar di atas saat menengok ke arah Bumi, tepatnya 17 Juli 1969. Sebuah foto paling terkenal yang pernah diambil dalam ekspedisi Apollo 11.

6 dari 11 halaman

Melewati Sisi Terjauh Bulan

Tepat tanggal 19 Juli 1969, Apollo berhasil memasuki orbit Bulan. Foto di atas diambil saat para astronaut berhasil memasuki sisi terjauh satelit alami Bumi: yang tak pernah terlihat dari dunia.

Merasa takjub, Michael Collins berseru, " Ya ampun, monster," yang ternyata menggambarkan keadaan di Bulan saat itu: gunung dan kawah memenuhi permukaan Bulan.

 

7 dari 11 halaman

Jejak Kaki

Dalam waktu 102 jam dan 45 menit setelah roket diluncurkan, Lunar Module Eagle melakukan kontak dengan Bulan. Saat itu, Aldrin dan Armstrong keluar wahana antariksa.

Keduanya mengambil foto, termasuk gambar unik dari cetakan sepatu boot mereka di permukaan satelit alami Bumi. Cetakan kaki itu dipotret pada 20 Juli 1969.

 

8 dari 11 halaman

Bendera AS Dikibarkan

Aldrin dan Armstrong memasang bendera AS di permukaan bulan. Aldrin kemudian memberikan penghormatan ke pada panji Negeri Paman Sam itu.

Saat itu, bendera tampak berkibar karena NASA telah memasangkan logam khusus. Namun sebagian bendera tampat terlipat.

9 dari 11 halaman

Bersyukur

Kembali ke dalam Lunar Module Eagle, Armstrong sangat senang dengan apa yang ia dan kru Apollo 11 telah alami.

Saat itu ia mengatakan, dirinya tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan semua hal yang mereka inginkan.

10 dari 11 halaman

Perjalanan Pulang

21 Juli 1969, kru Apollo 11 melaju cepat perjalanan pulang. Mereka melihat ke belakang dan mengambil beberapa foto Bulan. Tampak batu abu-abu besar di langit, seperti yang terlihat pada citra sekarang ini.

11 dari 11 halaman

Mendarat di Samudera Pasifik

Para astronot yang menginjakkan kaki di Bulan mendarat dengan aman di Samudra Pasifik. Mereka turun pada pukul 12.49 EDT, 24 Juli 1969, sekitar 812 mil laut di barat daya Hawaii dan hanya 12 mil laut dari USS Hornet.

Saat itu, ketiganya disambut kembali ke Bumi oleh Presiden Nixon di atas kapal USS Hornet.

Mereka diselamatkan ke dalam perahu kecil dan di bawa ke sebuah tempat. Ketiganya dirawat dengan menggunakan larutan desinfektan natrium hipoklorit dan harus tetap di karantina selama 21 hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.