Sukses

Kisah Atlet Australia Jadi Korban Penipuan Industri Hiburan di Jakarta

Atlet asal Australia ini ternyata juga jadi korban penipuan bermodus industri hiburan bermodus diminta datang ke Jakarta.

Liputan6.com, Melbourne - Ini kisah nyata seorang atlet asal Australia, Damien Rider, yang ternyata juga jadi korban penipuan bermodus industri hiburan -- yang dialami sejumlah selebritas dengan modus diminta datang ke Jakarta.

ABC Indonesia yang dikutip Senin (22/7/2019) menyebutkan, sejumlah pekerja televisi, perfilman, dan selebgram internasional telah tertipu oleh tawaran pekerjaan di dunia hiburan oleh seorang perempuan yang seringkali mengaku sebagai orang penting di Hollywood.

Pelaku yang mendapat julukan 'Con Queen Hollywood' di media ini menghubungi korbannya dengan mengajak bergabung ke sebuah proyek film yang sedang ia kerjakan di Indonesia.

Tapi saat tiba di Indonesia dan dijemput oleh sopir lokal dan penerjemah, mereka diminta untuk menyetorkan sejumlah uang untuk keperluan hotel, biaya sopir, namun kemudian mereka ditinggalkan begitu saja di Jakarta.

Dalam wawancara dengan Radio 2GB, atlet Australia Damien Rider menceritakan bagaimana ia ditawari pekerjaan yang menggiurkan, bahkan penipu telah mengirimkan naskah dan jadwal syuting untuk sebuah acara TV, serta jadwal perjalanan lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ke Jakarta Biaya Sendiri

Damien Rider berangkat ke Jakarta dari Sydney dengan biayanya sendiri, bahkan mengeluarkan uang setelah mendarat di Bandara Soekarno Hatta pada tahun 2018 lalu.

"Saya berbicara dengan seseorang yang bernama Wendy Murdoch (mantan istri Raja Media Rupert Murdoch) dan ia mengatakan sedang membuat serial televisi," ujar Damien kepada Ben Fordham dari Radio 2GB.

Namun ia mulai curiga setelah tiba di Jakarta dan diminta untuk menyetorkan uang senilai AU$ 4.000, atau hampir Rp 4 juta rupiah, dan kemudian diantar ke sebuah hotel berbintang lima.

3 dari 3 halaman

FBI Selidiki Penipuan Berskala Internasional

Penipuan berskala internasional ini sedang diselidiki oleh FBI, yang ternyata sudah berlangsung lebih dari lima tahun.

"FBI sedang mencari korban yang pernah melakukan perjalanan ke Indonesia antara tahun 2013 dan sekarang, untuk memenuhi tawaran pekerjaan dari orang-orang yang mengaku pekerja profesional ternama di dunia hiburan," jelas FBI dalam sebuah pernyataan, awal pekan lalu 15 Juli.

Menurut FBI, para korban adalah penulis naskah, aktor pemeran pengganti, make-up artist, petugas keamanan, dan fotografer yang dihubungi langsung lewat SMS, email, atau bahkan telepon.

"Mereka diberitahu pekerjaan ini butuh perjalanan ke Indonesia, biasanya Jakarta, untuk apa yang mereka sebut sebagai uji coba."Setelah merasa tertipu, Damien langsung kembali ke Australia dan melapor ke Kepolisian New South Wales (NSW).

Kepada media di Australia ia mengaku petugas kepolisian sempat tidak menganggap serius laporannya, namun kini Kepolisian NSW pun sudah mengeluarkan surat himbauan agar pekerja dunia hiburan di Australia waspada.

Selain seorang penulis buku, pembicara motivasi dan seorang model, Damien pernah tampil di serial televisi Bachelorette yang popular di Australia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.