Kisah Unik Neil Armstrong, Bisa Terbang Sebelum Dapat SIM

Oleh Siti Khotimah pada 20 Jul 2019, 18:02 WIB
Pendaratan manusia di bulan

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, 50 tahun lalu manusia telah mampu mendaratkan kakinya di Bulan. Saat itu, seorang pria muda bernama Neil Alden Armstrong dan Edwin Aldrin menorehkan sejarah dengan Apollo 11-nya.

Lahir pada 5 Agustus 1930 di Wapakoneta, Ohio, Neil Alden Armstrong merupakan anak pertama dari pasangan Jerman dan Skotlandia, Stephen Koenig Armstrong dan Viola Louise Engel.

Armstrong kecil telah diperkenalkan dengan dunia penerbangan sejak usia dini, itulah sebabnya ia sangat terobsesi dengan hal-hal berbau antariksa, mengutip mentalfloss.com pada Sabtu (20/7/2019).

Ketika Armstrong berumur 2 tahun, sang ayah membawanya ke Cleveland Air Races --sebuah pertunjukan pesawat kecil. Lalu pada umur 6 tahun, ayahnya --yang berprofesi sebagai auditor untuk pemerintah Ohio-- mengajaknya naik pesawat Ford Trimotor atau dikenal sebagai "Tin Goose" (salah satu pesawat paling populer di dunia) di Warren, Ohio.

Tahu Bagaimana Cara Terbang

Saat menginjak 15 tahun, Armstrong telah memahami segala sesuatu yang terdapat di dalam kokpit. Tak hanya itu, ia juga mengetahui bagaimana cara mengendalikan pesawat.

Armstrong melakoni pendidikan SMA di Blume High School dan mengambil jurusan penerbangan di lapangan terbang Wapakoneta. Ia berhasil mendapatkan sertifikat penerbangan siswa pada ulang tahunnya yang ke-16. Semua ini diraihnya sebelum ia mengantongi Surat Izin Mengemudi (SIM).

Sementara itu, selama Perang Korea, Neil Armstrong disebut telah menerbangkan pesawat untuk 78 misi tempur, sebelum pindah ke National Advisory Committee for Aeronautics (NACA), pendahulu NASA.

 

2 of 3

Kisah Armstrong Dijadikan Film

20-7-1969: Momen Perdana Manusia Injakkan Kaki di Bulan
Neil Armstrong di Bulan. (Nasa.gov)

Kisah Neil Armstrong serta dua koleganya win Aldrin dan Michael Collins sebagai manusia pertama yang menginjakkan kaki di Bulan, telah dijadikan film pada 11 Oktober 2018. Karya itu dibuat oleh sutradara bernama Damien Chazelle.

Film yang dimaksud berjudul First Man, resmi dirilis secara serentak di bioskop-bioskop internasional, setelah sebelumnya diperkenalkan dalam Venice Film Festival pada 29 Agustus.

Jalan cerita First Man diangkat dari buku karya James R. Hansen berjudul The Life of Neil A. Armstrong. 

Film berdurasi hampir 2,5 jam tersebut dibintangi oleh aktor kawakan Ryan Gosling, yang berperan sebagai tokoh utama, Neil Armstrong, dan sejumlah bintang ternama lainnya.

Setelah menonton langsung film keluaran tahun 2018 tersebut, banyak orang berpendapat bahwa itu adalah film yang menceritakan tentang perjuangan "jatuh-bangun" Armstrong, saat hendak menginjakkan kakinya di satelit alami Bumi.

3 of 3

Simak video pilihan berikut:

Lanjutkan Membaca ↓