Sukses

Menlu Retno Marsudi: Perdagangan Indonesia-Latvia Meningkat 35 Persen

Dalam pernyataannya, Menlu Retno mengatakan bahwa trend perdagangan Indonesia dan Latvia cukup baik. Dimana adanya peningkatan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menerima kunjungan dari Menlu Latvia Edgars Rinkevics. Dalam pertemuan tersebut, kedua negara membahasa kerja sama di bidang perdagangan. Menlu Retno mengatakan, ini adalah pertemuan keduanya dengan diplomat Latvia tersebut.

"Ini adalah pertemuan kedua kami, setelah sebelumnya bertemu di Bangkok, Thailand pada tahun 2016 di sela-sela pertemuan ASEAN-EU Minister Meeting," ujar Menlu Retno di Ruang Pancasila, Jakarta, Jumat (19/7/2019) pagi.

"Saya sangat senang, kami bisa saling mencocokkan catatan dan nota dari kerja sama bilateral Indonesia-Latvia pada hari ini," tambahnya.

"Meskipun dipisahkan secara geografi, dengan kerja keras, hubungan kedua negara yang terpisah oleh jarak jauh ini cukup kuat," jelas Retno.

Dalam pernyataannya, Menlu Retno mengatakan bahwa trend perdagangan kedua negara cukup baik. Dimana adanya peningkatan.

"Untuk perdagangan selama empat tahun terakhir, perdagangan Indonesia-Latvia mengalami kenaikan sebesar 35 persen. Pada kuartal pertama di tahun 2019, kita juga mengalami peningkatan sebesar 29 persen dibandingkan dengan kuartal pertama tahun 2018."

"Selama pertemuan, saya berbagi dengan Menlu Latviaseputar visi Presiden Joko Widodo untuk lima tahun ke depan, khususnya di bidang investasi dan pengembangan sumber daya manusia," ujar Menlu Retno.

"Kami juga saling bertukar sejumlah isu regional dan internasional. Saya juga menjelaskan soal perkembangan ASEAN, terutama mengenai ASEAN outlook in Indo Pacific."

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Latvia Jadi Mitra Dagang Terbesar Indonesia di Kawasan Baltik

Senada dengan Retno Marsudi, Menlu Edgars Rinkevics menyambut baik pertemuan tersebut. Ia mengatakan bahwa dirinya turut mendiskusikan cara untuk meningkatkan kerja sama ekonomi sehingga bisa meningkat di kemudian hari.

"Sangat menyenangkan bisa kembali ke sini dan selalu mengejutkan melihat perkembangan negara dan Jakarta itu sendiri," ujar Edgars Rinkevics.

"Seperti yang baru saja kita dengar, dan saya setuju dengan semua yang dikatakan oleh Menlu Retno Marsudi. Kami selalu menikmati hubungan politik dan ekonomi yang sangat baik," tambahnya.

Menlu Edgars Rinkevics membeberkan bahwa pihaknya turut mendiskusikan cara-cara bagaimana meningkatkan kembali kerja sama ekonomi di masa mendatang. Kemudian kedua negara sepakat bahwa ada kebutuhan untuk memperluas perjanjian berdasarkan kerja sama bilateral di bidang pariwisata hingga perdagangan.

"Ketika berbicara tentang kerja sama perdagangan, kami sangat senang menjadi mitra dagang terbesar bagi Indonesia di negara-negara Baltik. Tetapi saya telah melihat bahwa masih ada ruang untuk pertumbuhan dan perbaikan yang lebih baik," tambahnya.

"Kami melihat bahwa kedua negara dapat memperluas di bidang-bidang seperti teknologi informasi, teknik, kimia dan farmasi, industri pengolahan kayu dan makanan," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.