Sukses

Ilmuwan Temukan Ubur-Ubur Sebesar Manusia di Laut Inggris

Begini penampakan ubur-ubur berukuran manusia di laut Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Daly dan Abbott adalah sepasang penyelam yang tengah melancarkan ekspedisi di lepas pantai Cornwall, Inggris saat mereka bertemu dengan binatang laut tak bertulang yang berukuran raksasa. Hewan marin itu bernama Rhizostoma pulmo atau Barrel Jellyfish, ubur-ubur langka yang dapat tumbuh sebesar manusia.

Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan berharga, keduanya mendokumentasikan apa yang mereka lihat.

Berkat kemampuan Dan Abbott yang merupakan ahli sinematografi bawah laut, foto dan video yang dihasilkan terlihat sangat menarik.

Dokumentasi itu kemudian diunggah dalam akun Facebook Lizzie Daly yang merupakan ahli biologi pada Sabtu, 13 Juli 2019 bagian dari kampanye Wild Ocean Week - program pengumpulan uang oleh United Kingdom's Marine Conservation Society.

Apa Uniknya?

Tak hanya berukuran raksasa, sebesar tubuh manusia; ubur-ubur yang berjuluk dustbin-lid jellyfish ini memiliki keunikannya sendiri.

Hewan tak bertulang itu memiliki delapan lengan besar yang ditutupi tentakel, sebagaimana dikutip dari laman sains Live Science pada Kamis (18/7/2019).. Wajahnya bulat besar. Nampaknya para penyelam harus hati-hati, karena binatang lunak ini bisa menyengat, seperti pada umumnya.

Ubur-ubur ini sering pula hanyut terbawa ke pantai, kata Daly.

 

Simak pula video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada yang Lebih Besar

Meski Barrel Jellyfish adalah ubur-ubur terbesar yang pernah ditemukan di perairan Inggris, nyatanya terdapat hewan sejenis yang berukuran lebih besar.

Ubur-ubur yang lebih besar itu bernama Cyanea capillata atau Lion's Mane Jellyfish. Jika dibandingkan dengan hewan lunak jenis ini, Barrel Jellyfish relatif sangat kecil. Meningat, Lion's Mane memiliki panjang hingga 36,5 meter - berkali-kali lipat dari ukuran manusia normal. Bahkan, Lion's Mane lebih panjang dari pada seekor paus biru.

Lion's Mane juga lebih berbahaya. Hewan ini dapat menyengat 50 hingga 100 orang hanya dalam hitungan menit saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.