Sukses

Top 3: Kemunculan Gerhana Bulan 17 Juli Menjadi Sorotan

Indonesia termasuk salah satu wilayah yang akan dilintasi oleh gerhana bulan pada 17 Juli 2019. Gerhana yang muncul saat waktu subuh ini menjadi artikel kanal Global Liputan6.com yang paling disukai hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kemunculan gerhana bulan sebagian pada 17 Juli 2019 di sejumlah belahan dunia, seperti Indonesia hingga Amerika, ternyata mencuri perhatian para pembaca kanal Global Liputan6.com Rabu pagi ini. Banyak orang rupanya penasaran dengan fenomena alam yang jarang terjadi tersebut. 

Kabar penampakan gerhana bulan yang bisa dilihat di seluruh wilayah di Indonesia juga menjadi sorotan. Kira-kira berapa lama ya durasinya?

Berita lainnya yang menarik perhatian pembaca kanal Global yaitu terkait tujuh gempa susulan di Bali setelah lindu utama bermagnitudo 6, yang membuat para turis asing di Pulau Dewata menjadi panik.

Berikut berita Top 3 edisi Rabu (17/7/2019) selengkapnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. 17 Juli, Indonesia hingga Amerika Dilintasi Gerhana Bulan

Pekan ini, gerhana bulan dilaporkan akan muncul di sejumlah belahan dunia, seperti Amerika, Eropa, Afrika, Australia, dan Asia --termasuk seluruh wilayah Indonesia.

Sebagian besar wilayah Amerika Selatan akan melihat bulan tertutup bayangan Bumi.

Sementara untuk Asia tengah dan timur serta Australia, gerhana masih akan berlangsung ketika bulan terbenam pada Rabu 17 Juli 2019 waktu subuh, demikian seperti dikutip dari Space.com, Selasa 16 Juli 2019.

Selanjutnya...

3 dari 4 halaman

2. 7 Gempa Susulan di Bali Bikin Turis Asing Terkejut

Gempa Bali bermagnitudo 6 yang mengguncang Kota Negara, Kabupaten Jembrana, pada pukul 07.18 WIB, Selasa 16 Juli 2019, dilaporkan telah dimutakhirkan kekuatannya menjadi magnitudo 5,8.

Gempa tektonik itu terjadi di wilayah Samudera Hindia Selatan Bali-Nusa Tenggara.

Hasil monitoring BMKG menunjukkan 7 kali aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar M=3.2 dan magnitudo terkecil M=2.5.

Lokasi gempa Bali dilaporkan banyak dihuni wisatawan dan sempat membuat panik mereka.

Situs berita asal Inggris, Express.co.uk dalam artikel berjudul "Bali earthquake: Tourists panic as holiday hotspot rocked by 'strong' 6.2 magnitude quake" menyorot kepanikan turis saat dilanda gempa terjadi.

Artikel selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Lapan: Gerhana Bulan Sebagian 17 Juli Bisa Dilihat di Seluruh Indonesia

Pada Rabu 17 Juli 2019 dini hari, gerhana bulan sebagian akan muncul di seluruh wilayah Indonesia. Fenomena alam ini dilaporkan akan terlihat di sejumlah belahan dunia, seperti Amerika, Eropa, Afrika, Australia, dan Asia --termasuk seluruh wilayah RI.

"Gerhana bulan sebagian nanti malam, tepatnya dini hari mulai pukul 03.02-05.59 WIB, " ujar Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin saat dihubungi Liputan6.com, Selasa 16 Juli 2019.

Selanjutnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gerhana Bulan adalah fenomena alam berupa gerhana yang terjadi ketika sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan.

    Gerhana Bulan

  • Top 3 Global

  • Gempa Bali