Sukses

Gempa Magnitudo 5,8, Mindanao Filipina Tak Keluarkan Peringatan Tsunami

Mindanao di kepulauan Filipina diguncang gempa pada Sabtu 13 Juli 2019 pagi waktu setempat, menurut informasi Survei Geologi AS (USGS).

Liputan6.com, Mindanao - Gempa bumi bermagnitudo 5,8 dilaporkan mengguncang bagian utara Mindanao di kepulauan Filipina pada Sabtu 13 Juli 2019 pagi waktu setempat. Demikian menurut informasi Survei Geologi AS (USGS).

Laporan The Straits Times, Sabtu (13/7/2019), menyebut bahwa belum ada ada laporan korban atau kerusakan akibat gempa bumi tersebut. Juga tidak ada peringatan tsunami dari Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang bermarkas di Hawaii setelah gempa.

April lalu, wilayah lain di Filipina juga diguncang gempa cukup kuat.

Gempa bumi bermagnitudo 6,3 melanda Gutad, Filipina tengah pada Senin 22 April 2019, menurut data dari Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS). Lindu tersebut terjadi pada pukul 17.11 waktu lokal atau 16.11 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Titik pusat gempa berada pada kedalaman 40,2 kilometer dari permukaan bumi.

Seorang saksi mata di Ibu Kota Filipina, Manila mengatakan kantornya yang terletak di kawasan bisnis Kota Makati bergoyang.

Sementara itu, kontributor BBC menulis di Twitter, warga Manila yang tengah berbelanja di mal Glorietta segera berkumpul di luar gedung.

Sejumlah foto dan video yang bereda di media sosial memperlihatkan sejumlah sekolah dan bangunan di Manila, Filipina dievakuasi akibat gempa bumi magnitudo 6,3 itu.

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sering Gempa

Filipina relatif sering dilanda gempa bumi. Pada Maret lalu, gempa bermagnitudo 5,8 mengguncang Mindanao, Filipina pada Rabu 6 Maret 2019, pukul 13.03 UTC, atau 08.13 waktu setempat. 

Dikutip dari www.emsc-csem.org, lindu berada pada 211 kilometer (130 mil) bagian timur laut Kota Davao, Filipina, dan berpusat di kedalaman 60 kilometer.

Sementara itu pada 29 Desember lalu, gempa yang lebih besar juga mengguncang wilayah yang sama. Lindu berkekuatan 7,2 skala Richter mengguncang Pulau Mindanao, Filipina.

Saat itu, The NWS Pacific Tsunami Warning System merilis adanya peringatan gelombang tinggi dan berbahaya untuk semua pantai yang berjarak 300 km dari titik gempa.

Instansi pemerintah Filipina saat itu disarankan untuk memberi tahu masyarakat di daerah pesisir tentang risiko adanya tsunami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.