Sukses

6 Hal Menakutkan Ini Akan Terjadi Jika Tak Ada Oksigen Selama 5 Detik di Bumi

Tahukah Anda bahwa hilangnya oksigen di Bumi bukan hanya berdampak pada masalah pernapasan manusia, tetapi berdampak pada yang lain?

Liputan6.com, Jakarta - Apa jadinya jika Bumi tanpa oksigen?

Sebagian besar dari Anda tentu akan menjawab; Manusia tidak akan bisa bernapas lalu meninggal dunia. Ya, jawaban itu tepat sekali.

Namun, ada sejumlah hal yang juga menakutkan. Kondisi alam akan seketika berubah. Bumi akan amblas, kulit manusia akan terbakar hingga bangunan dari beton akan ambruk.

Efek itu akan terjadi apabila Bumi kehilangan oksigen selama 5 detik saja. Jadi, bisa Anda bayangkan betapa buruknya efek yang muncul.

Seperti dikutip dari laman scienceabc.com, Rabu (10/7/2019) berikut 6 efek menakutkan apabila Bumi kehilanghan oksigen selama lima detik:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Langit di Siang Hari Jadi Gelap

Cahaya dari Matahari mencapai permukaan bumi sebagai hasil dari beberapa refleksi yang terjadi ketika partikel-partikel cahaya memantul dari partikel-partikel di udara (debu, molekul oksigen, kotoran lainnya di udara).

Tidak adanya oksigen berarti lebih sedikit partikel bagi cahaya untuk memantulkan sinarnya. Sehingga efek yang dihasilkan yaitu langit akan tampak gelap, hampir hitam, sebenarnya.

Pada dasarnya, cahaya akan mencapai Bumi, tetapi seolah-olah itu dipancarkan dari sumber titik, sebagai lawan dari apa yang biasanya kita lihat.

 

3 dari 7 halaman

2. Kerak Bumi akan Hancur

Oksigen merupakan 45 persen dari bagian kerak bumi. Karena itu, tanpa konstituen utamanya, Bumi pada bagian dasar akan lenyap dan kita akan jatuh bebas.

 

4 dari 7 halaman

3. Semua Orang yang Sedang Berjemur di Pantai akan Gosong

Ozon adalah lapisan yang mencegah sebagian besar sinar UV dari matahari sehingga tidak menembus atroposfer.

Lapisan Ozon ini sepenuhnya terdiri dari oksigen molekuler (ozon = O3), jadi pada dasarnya mereka yang sedang berjemur akan benar-benar gosong.

 

5 dari 7 halaman

4. Bagian Telinga akan Rusak

Manusia akan kehilangan sekitar 21 persen dari tekanan udara di dalam telinga dengan sekejap.

Setelah itu, Anda akan mengalami sesuatu yang disebut barotrauma (mengacu pada cedera yang diderita karena kegagalan untuk menyamakan tekanan ruang yang mengandung udara dengan lingkungan sekitarnya).

Barotrauma biasanya terjadi ketika ada perubahan tekanan yang tiba-tiba. Misalnya, selama penyelaman laut atau perjalanan udara. Seolah-olah telinga kita tersumbat.

 

6 dari 7 halaman

5. Kendaraan dan Mesin Pembakaran Internal akan Berhenti Bekerja

Semua mobil yang menggunakan bahan bakar jenis apa pun yang mengandalkan mesin pembakaran internal (semuanya kecuali mobil listrik) akan berhenti secara tiba-tiba.

Itu semua terjadi karena tidak ada oksigen untuk proses pembakaran. Kita akan melihat pesawat, helikopter, dan bahkan pesawat ulang-alik jatuh dari langit karena alasan yang sama.

 

7 dari 7 halaman

6. Bangunan dari Beton akan Hancur

Oksigen adalah pengikat penting dalam struktur beton, dan tanpa itu, senyawa tidak tahan terhadap kekakuannya.

Kita sudah tahu bahwa oksigen itu penting untuk bertahan hidup, tetapi kehilangan oksigen hanya selama 5 detik saja bisa berbahaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini