Sukses

Ibu Kota Ethiopia Resmi Haramkan Motor, Tapi...

Adhis Ababa, ibu kota Ethiopia resmi melarang sepeda motor. Ini alasannya.

Liputan6.com, Addis Ababa - Ibu kota Ethiopia, Addis Ababa resmi mengharamkan sepeda motor. Larangan tersebut diberlakukan dengan maksud mengekang kejahatan.

Wali Kota Addis Ababa mengatakan para penjahat yang mengendarai sepeda motor sering merampok orang.

Takele Uma mengatakan pengguna motor untuk urusan bisnis akan masuk daftar pengecualian, tetapi perusahaan pengiriman mengatakan mereka terkena dampak larangan tersebut. Unit sepeda motor mereka disita oleh pihak berwenang.

Sepeda motor menjadi semakin populer di Addis Ababa sebagai cara untuk menghindari kemacetan lalu lintas, tetapi hal itu tidak lazim di banyak kota Afrika lainnya.

Menurut laporan BBC yang dikutip Rabu (10/7/2019), larangan serupa telah terjadi di tempat lain di seluruh Afrika dalam upaya untuk mengakhiri perampokan dan serangan kekerasan.

Lebih dari sepekan sebelum larangan itu diterapkan, sebuah perusahaan pengiriman makanan, Deliver Addis, mengatakan kepada pelanggan bahwa itu menangguhkan layanan setelah pihak berwenang menyita sepeda motor.

Pada Senin 8 Juli, layanan pengiriman makanan lainnya, ZMall, yang mengirimkan makanan untuk Pizza Hut, mengumumkan bahwa mereka juga tidak lagi menerima pesanan karena larangan penggunaan sepeda motor.

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Telah Dilarang Sembilan Tahun

Sepeda motor telah dilarang di beberapa kota di Nigeria, negara terpadat di Afrika selama sembilan tahun.

Di Lagos, Port Harcourt dan Abuja, sepeda motor komersial dilarang memasuki pusat-pusat kota di mana kendaraan tersebut dianggap sebagai cara cepat-pergi bagi pencuri, lapor wartawan BBC Nduka Orjinmo.

Sementara di Kota Maiduguri, sepeda motor dilarang pada 2011 untuk mencegah serangan oleh sekte radikal, Boko Haram.

Kendati demikian larangan sepeda motor ini telah menambah beban bagi para penumpang yang bergulat dengan lalu lintas padat yang dapat dihindari oleh sepeda motor, kata wartawan BBC itu.

Sejauh ini negara bagian Lagos melonggarkan larangannya, memungkinkan berbagi pakai sepeda motor di bawah peraturan ketat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.