Sukses

Politikus Partai Oposisi Resmi Dilantik Jadi Perdana Menteri Baru Yunani

Mitsotakis, lulusan Harvard University di Amerika, memiliki mayoritas 158 kursi di parlemen Yunani dengan 300 anggota.

Liputan6.com, Athena - Politisi dari sayap konservatif Yunani Kyriakos Mitsotakis dilantik sebagai perdana menteri baru pada Senin, 8 Juli 2019. Ia berhasil menang besar atas petahana PM Alexis Tsipras yang berhaluan kiri dalam pemilihan parlemen.

Setelah diambil sumpahnya di istana presiden di Athena dalam upacara yang dipimpin pendeta Orthodox Yunani, Mitsotakis mengatakan, "Hari ini kita memulai kerja keras. Saya sangat percaya pada kemampuan kita untuk melakukan itu," sebagaimana dilansir dari VOA Indonesia pada Selasa (9/7/2019).

Kedatangan Mitsotakis bersama istri dan tiga anaknya ke istana presiden disambut Perdana Menteri Tsipras yang digantikannya, dan yang selama empat tahun menjabat menerapkan langkah-langkah penghematan yang diharuskan berdasar dana talangan untuk mempertahankan Yunani dalam zona euro.

Ketua Komisi Eropa Jean-Claude Juncker hari Senin mengucapkan selamat kepada Mitsotakis atas kemenangannya, tetapi juga memperingatkan bahwa utang Yunani masih banyak, dan kondisi ekonomi negara itu masih sulit.

Mitsotakis, lulusan Harvard University di Amerika, akan memiliki mayoritas 158 kursi di parlemen Yunani dengan 300 anggota. Ia adalah putra mantan perdana menteri, Konstantinos Mitsotakis, adik laki-laki mantan menteri luar negeri, Theodora "Dora" Bakoyanni, dan paman dari wali kota Athena yang baru terpilih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Petahana Sportif

Segera setelah hasil pemilu menjadi jelas, petahana PM Tsipras mengonfirmasi bahwa dia telah menghubungi Mitsotakis untuk memberikan selamat kepadanya.

"Hari ini, dengan kepala tegak, kami menerima vonis rakyat. Untuk membawa Yunani ke tempat sekarang ini, kami harus mengambil keputusan yang sulit dengan biaya politik yang besar," kata Tsipras kepada wartawan.

Tingkat partisipasi dalam pemilihan Yunani adalah sekitar 57 persen --salah satu angka terendah dalam beberapa dekade.

Pemilihan secara teknis wajib di Yunani, meskipun aturannya tidak ditegakkan.

Ada setengah lusin pemilihan dalam beberapa tahun terakhir --dan pada hari Minggu, banyak warga berbondong-bondong ke pantai atau berlindung di rumah ketika suhu melebihi 35 derajat celcius di beberapa tempat.

Presiden Komisi Eropa yang akan habis masa jabatannya, Jean-Claude Juncker, memberi selamat kepada Bapak Mitsotakis atas "kemenangannya yang jelas".

3 dari 3 halaman

Pajak Akan Diturunkan

New Democracy telah berjanji untuk menurunkan pajak dan memprivatisasi layanan publik di Yunani, yang masih merasakan dampak dari krisis keuangan 2008.

Yunani telah menerima serangkaian program bailout selama dekade terakhir, yang secara resmi "keluar" Agustus lalu ketika pertumbuhan ekonomi kembali.

Tetapi, angka pengangguran kaum muda tetap tinggi, dan New Democracy telah menarik banyak pemuda berusia 18-24 tahun di antara para pendukungnya.

Calon perdana menteri baru, Kyriakos Mitsotakis, berasal dari salah satu dinasti politik Yunani yang sudah lama berdiri.

Kyriakos Mitsotakis adalah putra mantan Perdana Menteri Konstantinos Mitsotakis. Adiknya, Dora Bakoyannis, adalah walikota Athena ketika kota itu menjadi tuan rumah Olimpiade pada tahun 2004, sebelum menjadi menteri luar negeri Yunani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.