Partai Oposisi Menang Pemilu Yunani, PM Petahana Segera Akui Kekalahan

Oleh Rizki Akbar Hasan pada 08 Jul 2019, 14:36 WIB
Negara

Liputan6.com, Athena - Partai oposisi kanan-tengah Yunani, New Democracy, telah memenangkan pemilihan umum tingkat nasional pada Minggu 7 Juli 2019.

Dengan sebagian besar suara dari tiap-tiap distrik dihitung, Perdana Menteri Alexis Tsipras mengaku kalah dari saingannya, Kyriakos Mitsotakis.

New Democracy memiliki 39,85 persen suara sejauh ini. Mereka disusul Partai Syriza berhaluan kiri pimpinan PM Tsipras yang meraih 31,53 persen, demikian dilansir BBC, Senin (8/7/2019).

Proyeksi saat ini memperkirakan bahwa New Democracy akan meraih kursi mayoritas di Parlemen Yunani, karena pemenang menerima 50 kursi tambahan.

Mitsotakis, yang digadang-gadang akan menjadi perdana menteri selanjutnya, mengatakan kepada para pendukung bahwa dia telah diberi mandat yang kuat untuk membawa perubahan.

"Negara dengan bangga mengangkat kepalanya lagi," katanya kepada orang banyak di ibu kota Athena, mengatakan bahwa dia akan menjadi perdana menteri untuk semua karena orang Yunani "terlalu sedikit untuk tetap terpecah."

2 of 3

PM Petahana Segera Mengakui Kekalahan

Pemimpin partai New Democracy yang memenangi pemilu Yunani, Kyriakos Mitsotakis (AFP PHOTO)
Pemimpin partai New Democracy yang memenangi pemilu Yunani, Kyriakos Mitsotakis (AFP PHOTO)

Segera setelah hasil pemilu menjadi jelas, PM Tsipras mengonfirmasi bahwa dia telah menghubungi Mitsotakis untuk memberikan selamat kepadanya.

"Hari ini, dengan kepala tegak, kami menerima vonis rakyat. Untuk membawa Yunani ke tempat sekarang ini, kami harus mengambil keputusan yang sulit dengan biaya politik yang besar," kata Tsipras kepada wartawan.

Tingkat partisipasi dalam pemilihan Yunani adalah sekitar 57 persen --salah satu angka terendah dalam beberapa dekade.

Pemilihan secara teknis wajib di Yunani, meskipun aturannya tidak ditegakkan.

Ada setengah lusin pemilihan dalam beberapa tahun terakhir --dan pada hari Minggu, banyak warga berbondong-bondong ke pantai atau berlindung di rumah ketika suhu melebihi 35 derajat celcius di beberapa tempat.

Presiden Komisi Eropa yang akan habis masa jabatannya, Jean-Claude Juncker, memberi selamat kepada Bapak Mitsotakis atas "kemenangannya yang jelas".

3 of 3

Janji Partai Pemenang

20150820-PM Yunani Alexis Tsipras Mengundurkan Diri
Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras berjalan keluar dari Istana Presiden di Athena. (AFP PHOTO/LOUISA GOULIAMAKI)

New Democracy telah berjanji untuk menurunkan pajak dan memprivatisasi layanan publik di Yunani, yang masih merasakan dampak dari krisis keuangan 2008.

Yunani telah menerima serangkaian program bailout selama dekade terakhir, yang secara resmi "keluar" Agustus lalu ketika pertumbuhan ekonomi kembali.

Tetapi, angka pengangguran kaum muda tetap tinggi, dan New Democracy telah menarik banyak pemuda berusia 18-24 tahun di antara para pendukungnya.

Calon perdana menteri baru, Kyriakos Mitsotakis, berasal dari salah satu dinasti politik Yunani yang sudah lama berdiri.

Kyriakos Mitsotakis adalah putra mantan Perdana Menteri Konstantinos Mitsotakis. Adiknya, Dora Bakoyannis, adalah walikota Athena ketika kota itu menjadi tuan rumah Olimpiade pada tahun 2004, sebelum menjadi menteri luar negeri Yunani.

Lanjutkan Membaca ↓