Viral Bintang Laut Punya Bokong Mirip Patrick Star, Ini Kata Ahli

Oleh Siti Khotimah pada 07 Jul 2019, 20:40 WIB
Diperbarui 07 Jul 2019, 20:40 WIB
Ilustrasi bintang laut (Wikimedia Commons)
Perbesar
Ilustrasi bintang laut (Wikimedia Commons)

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak tahu bintang laut? Makhluk yang dikenal memiliki warna merah muda hingga jingga cerah ini memiliki bentuk yang sangat menarik.

Namun, baru-baru ini warganet digegerkan dengan adanya bintang laut mirip tokoh fiksi Patrick Star dalam serial kartun SpongeBob Squarepants.

Apa yang membuat bintang laut itu tampak persis dengan Patrick adalah sisi belakangnya yang memiliki bagian seperti bokong.

Pengguna Twitter @Babyshoujo adalah orang yang memotret dan membagikan gambar bintang laut itu. Saat difoto, makhluk yang dimaksud tengah menempel pada sebuah batu di Aquarium of the Pacific di Long Beach, California.

Postingan yang menyematkan gambar bintang laut itu itu telah memikat ratusan ribu pengguna Twitter sejak dibagikan pada 30 Juni.

2 dari 4 halaman

Penampakan Bintang Laut Mirip Patrick

Sejumlah pengguna Twitter telah memperbandingkan makhluk itu dengan karakter Patrick Star, sahabat SpongeBob. Memang dalam serial animasi Patrick sering membanggakan bagian bawahnya dalam sejumlah kesempatan.

Namun, apa kata ahli soal ini? Apakah benar bintang laut memiliki bokong?

Tidak Seperti yang Terlihat

Mengutip situs sains Live Science pada Sabtu (7/7/2019), bintang laut yang tengah naik daun itu ditemukan di dekat garis pasang surut dan di dasar laut berbatu Samudra Pasifik bagian timur, menurut pihak Georgia Aquarium.

Meskipun bintang laut sering disebut sebagai "star fish" di mana fish secara harfiah berarti "ikan", namun sebetulnya mereka bukanlah jenis ikan. Makhluk itu sebenarnya adalah echinodermata, filum yang juga termasuk teripang dan bulu babi.

3 dari 4 halaman

Memang Memiliki Anus

Ilustrasi bintang laut. (Creative Common)
Perbesar
Ilustrasi bintang laut. (Creative Common)

Ilmuwan mengatakan, bintang laut memang memiliki anus yang terletak di bagian pusat. Namun, mereka sama sekali tidak memiliki bokong seperti manusia. Sehingga sosok Patrick Star dalam Spongebob Squarepants tidaklah nyata.

Apa yang terlihat di dalam foto yang viral, menurut Nate Jaros kepada USA Today, tak lain merupakan otot-otot lengan bintang laut yang berkontraksi saat mereka menggenggam batu. Nate Jaros sendiri adalah kurator ikan dan invertebrata di Aquarium of the Pacific.

Karena tubuh bintang laut sejajar secara vertikal, gravitasi menyebabkan struktur internal makhluk "merosot." Hal itu menyebabkan adanya bentuk menyerupai bokong manusia dalam gambar, Jaros menjelaskan.

4 dari 4 halaman

Simak video pilihan berikut:

Lanjutkan Membaca ↓