Ngeri, Detik-Detik Gempa California Selatan yang Tertangkap Kamera

Oleh Siti Khotimah pada 07 Jul 2019, 13:02 WIB
Gempa di California Selatan memicu kebakaran (AP Photo)

Liputan6.com, California - Gempa bermagnitudo 7,1 menghantam California Selatan pada Jumat malam, 5 Juli 2019. Pusat lindu berada di dekat Kota Ridgecrest, Gurun Mojave yakni sekitar 125 mil sebelah timur Los Angeles.

Guncangan besar itu terasa hingga Kota Phoenix di Arizona, Kota Las Vegas di Nevada, sebagaimana diwartakan oleh LA Times yang berbasis di California dikutip Minggu (7/7/2019). Bahkan terdapat laporan gempa juga dirasakan hingga Meksiko.

Banyak warga yang dengan sengaja atau tidak, merekam detik-detik menegangkan saat lindu di California Selatan terjadi. Salah satunya,  memperlihatkan gelombang air keluar dari kolam renang yang terguncang, dengan video lainnya adalah milik sebuah acara berita yang tengah melakukan siaran langsung.

Terdapat pula seorang warga yang tengah merekam dirinya untuk semacam video blogging bertajuk cara merias wajah. Namun, secara tiba-tiba tembok kamarnya bergerak, barang-barangnya berjatuhan. Saat itu ia sadar gempa tengah menghantam.

Berikut adalah detik-detik terjadinya gempa bermagnitudo 7,1 yang mengguncang California Selatan.

2 of 4

Supermarket hingga Perpustakaan Kacau Balau

Walmart di Yucca Yalley, California tampak amburadul. Banyak bahan makanan yang berserakan dan berjatuhan (AP News)
Walmart di Yucca Yalley, California tampak amburadul. Banyak bahan makanan yang berserakan dan berjatuhan (AP News)

Gempa magnitudo 7,1 di California Selatan telah berdampak pada banyak hal. Sebuah pertandingan NBA Summer League di Las Vegas sempat dihentikan. Padahal pertandingan itu sangat ditunggu-tunggu oleh pecinta bola basket.

Tak hanya itu, sejumlah foto juga menampilkan kondisi banyak gedung yang kacau pasca-gempa terjadi.

Situs Associated Press menunjukkan kondisi Walmart di Yucca Yalley, California tampak amburadul. Sejumlah bahan makanan yang tertata di rak berjatuhan.

Walmart di Yucca Yalley, California tampak amburadul. Banyak bahan makanan yang berserakan dan berjatuhan (AP News)

Bukan hanya Walmart, Kern County Library juga tampak berantakan. Sejumlah volunteers pun bekerja sama untuk menyusun kembali buku-buku yang jatuh dari rak.

Kern County Library juga tampak berantakan (AP)

Retaknya sejumlah bangunan juga tertangkap usai gempa magnitudo 7,1 terjadi di California. Sebuah restoran bernama Esparza tak luput dari insiden tersebut.

Kota Ridgecrest telah diguncang oleh banyak gempa susulan pada beberapa hari terakhir, termasuk yang berkekuatan 5,4 - sebelum lindu 7,1 menghantam.

Gempa yang terakhir ini berkekuatan lebih besar dari pada lindu yang menghantam wilayah Northridge pada 1994, yang sangat merusak. Saat itu, gempa hanya berkekuatan 6,6 namun terjadi di daerah perkotaan.

Gempa yang menghantam pada Jumat malam, pernah terjadi pada 1999 silam, di daerah Tambang Hector di Gurun Mojave. Karena jaraknya yang jauh dari Los Angeles, saat itu guncangan tidak menyebabkan kerusakan besar.

3 of 4

Picu Kebakaran dan Tanah Longsor

Dampak gempa di California selatan, Kamis 4 Juli 2019 (AP PHOTO)
Dampak gempa di California selatan, Kamis 4 Juli 2019 (AP PHOTO)

Gempa di California Selatan yang bermagnitudo 7,1 telah memicu kebakaran, rusaknya jalan, serta beberapa orang cedera; menurut pihak berwenang dan warga setempat.

Megan Person, seorang direktur komunikasi untuk Departemen Pemadam Kebakaran Kern County, mengatakan adanya laporan bahwa beberapa orang luka serta terjadi kebakaran di beberapa tempat. Ia menambahkan, saat ini county telah membuka tempat penampungan darurat.

Selain kebakaran, longsor juga terjadi di State Route 178 di Kern County, sebagaimana dikutip dari The Guardian. Foto-foto dari sejumlah saksi mata menunjukkan bahwa jalan setapak di daerah itu telah tenggelam.

Petugas pemadam kebakaran San Bernardino County melaporkan bangunan yang retak dan satu luka ringan.

Namun hingga saat ini, pihak berwenang mengatakan tidak ada laporan korban tewas atau kerusakan besar akibat gempa di California Selatan yang terjadi Jumat malam. Kepala Pemadam Kebakaran Kern County David Witt mengatakan, saat ini ambulans telah disiagakan.

Gempa di California Selatan yang terjadi pada pukul 20.19 Jumat malam itu berpusat sekitar 150 mil dari Los Angeles di Gurun Mojave dekat Kota Ridgecrest. Guncangan itu merupakan gempa susulan pasca adanya lindu berkekuatan 6,4 pada Kamis.

Andrew Lippman, warga yang tinggal di pinggiran kota Pasadena Selatan, tengah duduk di luar rumah dan membaca koran ketika gempa Jumat malam terjadi.

"Gempa itu semakin kuat dan semakin kuat, dan saya melihat ke dalam rumah saya dan lampu mulai bergoyang. Saya bisa melihat kabel listrik bergoyang," katanya.

Laporan-laporan mengatakan, gempa itu terasa hingga di Las Vegas, dan US Geological Survey mengatakan getaran juga dirasakan di Meksiko.

Gubernur California Gavin Newsom mengatakan, saat ini telah mengaktifkan pusat operasi Kantor Layanan Darurat negara bagian ke tingkat tertinggi.

4 of 4

Simak video pilihan berikut:

Lanjutkan Membaca ↓