Sukses

Mengenal Alta Lauren Gunawan, Wanita Berdarah Indonesia yang Jadi Pengawal Trump

Alta Lauren Gunawan adalah wanita keturuan Indonesia yang menjadi salah satu anggota dari tim Secret Service Elit Amerika Serikat.

Liputan6.com, Washington DC - Di balik ketatnya penjagaan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan wakilnya Mike Pince, terdapat sosok perempuan bernama Alta Lauren Gunawan.

Dikutip dari laman nbcnews.com, Sabtu (6/7/2019) Alta Lauren Gunawan adalah wanita keturuan Indonesia yang menjadi salah satu anggota dari tim Secret Service Elit Amerika Serikat.

Dia adalah wanita Asia Amerika pertama yang bergabung dengan divisi ini.

"Ayah saya 100 persen orang Indonesia. Ibu saya berdarah campuran. Menjadi campuran itu luar biasa," kata Gunawan.

"Aku bangga menjadi orang Asia," tambahnya.

Secret Service adalah satuan yang bertugas mengawal rombongan mobil Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Menurut Alta Lauren Gunawan, kecintaannya pada sepeda motor sejak remaja.

Populasi penduduk berdarah Asia di Amerika memang tengah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pada 2000 lalu, hanya ada sekira 8 juta penduduk berdarah Asia di Negeri Paman Sam itu.

Kini, jumlahnya sudah mencapai lebih dari 20.4 juta, berdasar data yang dikeluarkan oleh Pew Research Center pada 2015 silam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kendala yang Dihadapi Oleh Alta Lauren Gunawan

Ada banyak kendala yang dihadapi oleh Alta Lauren Gunawan untuk mencapai posisi tersebut.

Wanita yang satu ini hanya memiliki tinggi badan sekitar 162 sentimeter. Namun, ia harus mengendarai kendaran bermotor yang beratnya tujuh kali lipat dari berat badannya sendiri.

"Menjadi seorang wanita di sebuah pekerjaan yang didominasi kaum pria itu sangat berat. Kita harus bisa melakukan apa yang mereka (laki-laki) lakukan," jelas Gunawan.

Untuk menjalani tugas sebagai anggota Secret Service, Alta Lauren harus menjalani masa pelatihan selama kurang lebih dua pekan.

Menjalani tugasnya itu tidak hanya sekadar mengendari motor, tetapi harus mengawasi kondisi di sekitar seperti para pejalan kaki, pengendara sepeda, atau ancaman tak terduga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.