Sukses

Imbauan KJRI Los Angeles Terkait Gempa Magnitudo 7,1 di California Selatan

Konsulat Jenderal RI di Los Angeles mengeluarkan imbauan melalui media sosial beberapa menit setelah guncangan bermagnitudo 7,1 terjadi.

Liputan6.com, California - Gempa besar bermagnitudo 7,1 melanda California Selatan pada Jumat malam 5 Juli 2019, pukul 20.19 waktu setempat. Lindu itu merupakan guncangan susulan pasca magnitudo 6,2 yang terjadi pada Kamis.

Pusat gempa di California tersebut terletak di dekat Kota Ridgecrest, sekitar 100 mil dari Los Angeles, lapor portal berita daring LA Times. Guncangan ini merupakan yang terbesar di tempat itu dalam hampir dua dekade.

Menanggapi bencana gempa bumi tersebut, Konsulat Jenderal RI di Los Angeles mengeluarkan imbauan melalui media sosial beberapa menit setelah guncangan terjadi.

"Bagi warga masyarakat Indonesia di kawasan California Selatan dan sekitarnya, dengan adanya gempa susulan 7,1 M yang baru saja terjadi, diimbau agar masyarakat tetap tenang dan waspada," tulis KJRI melalui akun Twitter resminya.

"Segera hubungi 911 dan Hotline KJRI LA di (213) 590 8095 apabila terdapat kondisi darurat," lanjut imbauan tersebut.

KJRI Los Angeles kepada Liputan6.com pada Sabtu (6/7/2019), juga mengatakan bahwa pihaknya tengah memastikan tidakada WNI yang terdampak gempa di California.

"Kita juga melakukan kontak denga perwakilan masyarakat Indonesia di wilayah California Selatan dan Las Vegas di mana terdampak gempa, untuk memastikan tidak terdapat korban masyarakat Indonesia," kata KJRI.

Hingga saat ini, gempa di California Selatan yang bermagnitudo 7,1 telah memicu kebakaran, rusaknya jalan, serta beberapa orang cedera; menurut pihak berwenang dan warga setempat.

Megan Person, seorang direktur komunikasi untuk Departemen Pemadam Kebakaran Kern County, mengatakan adanya laporan bahwa beberapa orang luka serta terjadi kebakaran di beberapa tempat. Ia menambahkan, saat ini county telah membuka tempat penampungan darurat.

Selain kebakaran, longsor juga terjadi di State Route 178 di Kern County, sebagaimana dikutip dari The Guardian. Foto-foto dari sejumlah saksi mata menunjukkan bahwa jalan setapak di daerah itu telah tenggelam.

Petugas pemadam kebakaran San Bernardino County melaporkan bangunan yang retak dan satu luka ringan.

Namun hingga saat ini, pihak berwenang mengatakan tidak ada laporan korban tewas atau kerusakan besar akibat gempa di California Selatan yang terjadi Jumat malam. Kepala Pemadam Kebakaran Kern County David Witt mengatakan, saat ini ambulans telah disiagakan.

Simak pula video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terbesar dalam Dua Dekade

Kota Ridgecrest telah diguncang oleh banyak gempa susulan pada beberapa hari terakhir, termasuk yang berkekuatan 5,4 - sebelum lindu 7,1 menghantam.

Gempa yang terakhir ini merupakan yang terbesar dalam hampir 20 tahun di tempat itu, lebih besar dari pada lindu yang menghantam wilayah Northridge pada 1994, yang sangat merusak. Saat itu, gempa hanya berkekuatan 6,6 namun terjadi di daerah perkotaan.

Gempa sebesar apa yang menghantam pada Jumat malam, pernah terjadi pada 1999 silam, di daerah Tambang Hector di Gurun Mojave. Karena jaraknya yang jauh dari Los Angeles, saat itu guncangan tidak menyebabkan kerusakan besar.

Pasca-gempa primer yang terjadi pada Kamis, 4 Juli 2019, telah terdapat kerusakan kecil di sekitar pusat gempa. Saat itu, para ilmuwan telah memperingatkan bahwa lindu 6,2 yang terjadi dapat memicu guncangan yang lebih besar.

Kota Ridgecrest telah diguncang oleh banyak gempa susulan pada beberapa hari terakhir, termasuk yang berkekuatan 5,4 - sebelum lindu 7,1 menghantam.

Gempa yang terakhir ini berkekuatan lebih besar dari pada lindu yang menghantam wilayah Northridge pada 1994, yang sangat merusak. Saat itu, gempa hanya berkekuatan 6,6 namun terjadi di daerah perkotaan.

Gempa sebesar apa yang menghantam pada Jumat malam, pernah terjadi pada 1999 silam, di daerah Tambang Hector di Gurun Mojave. Karena jaraknya yang jauh dari Los Angeles, saat itu guncangan tidak menyebabkan kerusakan besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.