Gempa Magnitudo 7,1 di California Selatan Picu Kebakaran

Oleh Siti Khotimah pada 06 Jul 2019, 14:49 WIB
Gempa di California Selatan memicu kebakaran (AP Photo)

Liputan6.com, California - Gempa di California Selatan yang bermagnitudo 7,1 telah memicu kebakaran, rusaknya jalan, serta beberapa orang cedera; menurut pihak berwenang dan warga setempat.

Megan Person, seorang direktur komunikasi untuk Departemen Pemadam Kebakaran Kern County, mengatakan adanya laporan bahwa beberapa orang luka serta terjadi kebakaran di beberapa tempat. Ia menambahkan, saat ini county telah membuka tempat penampungan darurat.

Selain kebakaran, longsor juga terjadi di State Route 178 di Kern County, sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Sabtu (6/7/2019). Foto-foto dari sejumlah saksi mata menunjukkan bahwa jalan setapak di daerah itu telah tenggelam.

Petugas pemadam kebakaran San Bernardino County melaporkan bangunan yang retak dan satu luka ringan.

Namun hingga saat ini, pihak berwenang mengatakan tidak ada laporan korban tewas atau kerusakan besar akibat gempa di California Selatan yang terjadi Jumat malam. Kepala Pemadam Kebakaran Kern County David Witt mengatakan, saat ini ambulans telah disiagakan.

Gempa di California Selatan yang terjadi pada pukul 20.19 Jumat malam itu berpusat sekitar 150 mil dari Los Angeles di Gurun Mojave dekat Kota Ridgecrest. Guncangan itu merupakan gempa susulan pasca adanya lindu berkekuatan 6,4 pada Kamis.

Andrew Lippman, warga yang tinggal di pinggiran kota Pasadena Selatan, tengah duduk di luar rumah dan membaca koran ketika gempa Jumat malam terjadi.

"Gempa itu semakin kuat dan semakin kuat, dan saya melihat ke dalam rumah saya dan lampu mulai bergoyang. Saya bisa melihat kabel listrik bergoyang," katanya.

Laporan-laporan mengatakan, gempa itu terasa hingga di Las Vegas, dan US Geological Survey mengatakan getaran juga dirasakan di Meksiko.

Gubernur California Gavin Newsom mengatakan, saat ini telah mengaktifkan pusat operasi Kantor Layanan Darurat negara bagian ke tingkat tertinggi.

2 of 2

Pertandingan NBA Ditunda

Akibat gempa tersebut, pertandingan antara Pelicans dan Knicks at Thomas & Mack Center ditunda pada pukul 19.53 waktu setempat (AP)
Akibat gempa tersebut, pertandingan antara Pelicans dan Knicks at Thomas & Mack Center ditunda pada pukul 19.53 waktu setempat (AP)

Akibat gempa 7,1 di California Selatan, pertandingan NBA Summer League pertama bagi pemain basket Zion Williamson tidak berjalan dengan lancar.

Dikutip dari laman Forbes, akibat insiden tersebut, pertandingan antara Pelicans dan Knicks di Thomas & Mack Center ditunda pada pukul 19.53 waktu setempat.

Padahal, pertandingan tersebut telah memasuki babak kuarter keempat.

"Laporan dari Lembaga Geologi Amerika Serikat mengatakan bahwa Gempa Bumi di CaliforniaSelatan adalah magnitudo 7,1," kata Doris Burke dari channel ESPN.

Pertandingan ini menampilkan debut NBA pertama bagi Williamson yang sangat ditunggu-tunggu oleh penggemar Pelicans.

Selain itu, LeBron James, Anthony Davis, dan Floyd Mayweather menjadi headline parade bintang-bintang olahraga yang bermain untuk pertandingan itu.

Pertandingan ini pun juga dianggap penting, sebab ada 1.000 kredensial media yang dikeluarkan guna meliput penampilan perdana itu.

Pertandingan liga ini juga dinanti banyak penonton. Sekitar 17.500 tiket habis terjual.

Pusat gempa terletak di dekat Kota Ridgecrest, Negara Bagian California AS, sekitar 100 mil dari Los Angeles, lapor portal berita daring LA Times

Pasca-gempa primer yang terjadi pada Kamis, 4 Juli 2019, telah terdapat kerusakan kecil di sekitar pusat gempa. Saat itu, para ilmuwan telah memperingatkan bahwa lindu 6,2 yang terjadi dapat memicu guncangan yang lebih besar.

Kota Ridgecrest telah diguncang oleh banyak gempa susulan pada beberapa hari terakhir, termasuk yang berkekuatan 5,4 - sebelum lindu 7,1 menghantam.

Lanjutkan Membaca ↓