Penampakan Sejumlah Lokasi Usai Gempa Magnitudo 7,1 Mengguncang California

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 06 Jul 2019, 14:04 WIB
Walmart di Yucca Yalley, California tampak amburadul. Banyak bahan makanan yang berserakan dan berjatuhan (AP News)

Liputan6.com, California - Gempa berkekuatan magnitudo 7,1 mengguncang sebagian besar California, menyebabkan gedung dan jalan rusak, beberapa orang terluka, hingga memicu kebakaran kata pihak berwenang.

Gempa tersebut sempat didahului oleh getaran bermagnitudo 6,4 pada Kamis, 4 Juli 2019, demikian dikutip dari laman AP, Sabtu (6/7/2019).

Sebuah pertandingan NBA Summer League di Las Vegas pun sempat dihentikan. Padahal pertandingan itu sangat ditunggu-tunggu oleh pecinta bola basket.

Tak hanya itu sejumlah foto yang menampilkan kondisi pasca-gempa juga terlihat.

Situs Associated Press menunjukkan kondisi Walmart di Yucca Yalley, California tampak amburadul. Sejumlah bahan makanan yang tertata di rak berjatuhan.

Walmart di Yucca Yalley, California tampak amburadul. Banyak bahan makanan yang berserakan dan berjatuhan (AP News)

Bukan hanya Walmart, Kern County Library juga tampak berantakan. Sejumlah volunteers pun bekerja sama untuk menyusun kembali buku-buku yang jatuh dari rak.

Kern County Library juga tampak berantakan (AP)

Retaknya sejumlah bangunan juga tertangkap usai gempa magnitudo 7,1 terjadi di California. Sebuah restoran bernama Esparza tak luput dari insiden tersebut.

Restoran bernama Esparza juga tampak retak di bagian luar usai gempa (AP)

Kota Ridgecrest telah diguncang oleh banyak gempa susulan pada beberapa hari terakhir, termasuk yang berkekuatan 5,4 - sebelum lindu 7,1 menghantam.

Gempa yang terakhir ini berkekuatan lebih besar dari pada lindu yang menghantam wilayah Northridge pada 1994, yang sangat merusak. Saat itu, gempa hanya berkekuatan 6,6 namun terjadi di daerah perkotaan.

Gempa sebesar apa yang menghantam pada Jumat malam, pernah terjadi pada 1999 silam, di daerah Tambang Hector di Gurun Mojave. Karena jaraknya yang jauh dari Los Angeles, saat itu guncangan tidak menyebabkan kerusakan besar.

2 of 3

Gempa Sebelumnya

Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Sementara itu, gempa magnitudo 6,4 yang mengguncang Kota Ridgecrest pada Kamis 4 Juli 2019 telah menyebabkan kerusakan dan kebakaran.

Episentrum gempa bermagnitudo 6,4 itu berada di dekat Kota Ridgecrest, yang berjarak sekitar 240 km timur laut Los Angeles.

Petugas pemadam kebakaran memberikan bantuan medis dan menangani kebakaran di dalam dan sekitar kota yang terjadi pada Jumat 5 Juli, atau sehari usai gempa mengguncang.

Orang-orang dari Gurun Mojave hingga pesisir pantai Pasifik melaporkan merasakan gempa tersebut, yang melanda pada Hari Kemerdekaan AS atau 4th of July.

Ada kerusakan signifikan di Ridgecrest, yang terletak di barat daya pusat gempa, kata ahli geofisika setempat, Profesor John Rundle kepada BBC.

Dia menambahkan, beruntung gempa terjadi jauh dari pusat populasi besar di kota-kota California.

Rumah Sakit Regional Ridgecrest dievakuasi, kata Departemen Pemadam Kebakaran Kern Conty (kabupaten). Layanan itu telah menanggapi hampir dua lusin insiden mulai dari bantuan medis untuk cedera ringan hingga kebakaran.

Gempa susulan telah diramalkan oleh Lucy Jones, seismolog dari US Geological Survey (USGS) pada Jumat pagi. Jones mengatakan kemungkinan akan ada sejumlah gempa susulan di wilayah California, dengan beberapa diperkirakan memiliki magnitudo kuat.

3 of 3

Simak video pilihan berikut:

Lanjutkan Membaca ↓