Sukses

Balon Bayi Donald Trump hingga Parade Tank di Peringatan HUT AS Jadi Sorotan

Peringatan Hari Kemerdekaan AS, 4 Juli, tahun ini agak sedikit berbeda. Donald Trump yang menggagas sejumlah perubahan dari pendahulunya.

Liputan6.com, Washington, DC - Amerika Serikat mengadakan peringatan Hari Kemerdekaannya setiap 4 Juli. Tetapi untuk pertama kalinya tahun ini, Presiden Donald Trump secara pribadi merencanakan dan menggelar acara Hari Kemerdekaan di Lincoln Memorial.

Trump mengadakan acara di Lincoln Memorial -- meskipun Lincoln Memorial biasanya digunakan untuk menonton pertunjukan kembang api -- tahun ini sebagai tempatnya berpidato terkait Hari Kemerdekaan AS. Sementara area di depan tugu peringatan itu ditutup untuk area VIP dan tiket telah didistribusikan ke RNC dan donor politik, antara lain.

Selain lokasi yang berpindah tempat, berikut ini sejumlah hal yang berbeda dan jadi sorotan dalam peringatan HUT AS tahun ini, seperti dikutip dari CNN, Jumat (5/7/2019).

1. Lokasi Pertunjukan Kembang Api Berubah

Karena acara Hari Kemerdekaan AS Donald Trump di Lincoln Memorial, situs pertunjukan kembang api DC dipindahkan dari kolam di depan Lincoln Memorial ke taman West Potomac. Acara kembang api itu berlangsung 35 menit penuh dan selesai pada jam 21.42 malam.

2. Wilayah Udara AS Ditutup

Wilayah udara di sekitar Washington, DC, ditutup dua kali pada 4 Juli. Pada tahun-tahun sebelumnya tak pernah ada penutupan sama sekali.

3. Pertunjukan Tank

Trump sudah mengonfirmasi kepada wartawan soal parade militer yang menampilkan tank dan kendaraan lapis baja lainnya. Para pejabat militer mengatakan kepada CNN bahwa tank-tank itu tidak akan berpawai di sepanjang Pennsylvania Avenue.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Air Show

Blue Angels dan Air Force One melakukan atraksi di udara.

Skuadron elit Angkatan Laut, Blue Angels akan melakukan aksi selama "Salute to America." Mereka akan bergabung dengan pesawat lain, termasuk helikopter dan 737 yang mengangkut Presiden dan dikenal sebagai Marine One dan Air Force One ketika dia berada di pesawat.

Pesawat 747 yang ikonik, dikenal sebagai Air Force One ketika Presiden berada di atas terbang melintasi Lincoln Memorial dan menyusuri National Mall sampai ke US Capitol, sebelum berbalik arah.

Aksi unit tersebut secara resmi memulai perayaan "Salute to America" Presiden Trump.

5. Tetap Ada Demo

The National Park Service memberikan izin untuk protes kurang dengan jarak satu mil di National Mall dari Lincoln Memorial yang akan mencakup balon besar berwujud Trump versi bayi.

6. Sekutu Politik Dapat Tiket VIP

Kabarnya muncul kekhawatiran bahwa acara Trump akan tampak lebih seperti rapat umum politik Partai Republik. Apalagi tamu VIP mendapatkan akses khusus ke acara tersebut.

7. Kemunculan Bayi Donald Trump

Di dekat National Mall balon bayi Trump yang terkenal muncul. Balon itu telah mendapat izin dikembangkan di National Mall dari siang hingga 19.30 malam ET.

8. Hujan Badai

Semua orang waspada terhadap guntur, kilat karena kondisi cuaca yang tak bersahabat saat peringatan berlangsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.