4-7-1959: Pertama Kalinya, Bendera AS Berkibar dengan 49 Bintang

Oleh Siti Khotimah pada 04 Jul 2019, 06:00 WIB
Diperbarui 04 Jul 2019, 06:00 WIB
Ilustrasi bendera Amerika Serikat (AFP Photo)
Perbesar
Ilustrasi bendera Amerika Serikat (AFP Photo)

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari ini tahun 1959 silam, bendera Amerika Serikat pertama kali berkibar dengan 49 bintang di Independence Hall, Philadelphia. Hal itu untuk menandai masuknya Alaska secara resmi sebagai bagian dari Negeri Paman Sam.

Wajah bendera AS saat itu sedikit berbeda dengan apa yang kita lihat hari ini. 13 garis merah dan putih, dengan tujuh larik yang masing-masing memiliki tujuh deretan bintang.

Panji berhias 49 bintang itu pertama kali dibuat di Philadelphia, Amerika Serikat, tepatnya di the Army Quartermaster Depot. Selanjutnya, baru dibawa ke Gedung Putih untuk upacara pada 7 Juli 1958, kali itu dipimpin oleh Presiden Dwight D. Eisenhower.

Eisenhower menandatangani proklamasi kenegaraan di gedung kepresidenan, disaksikan oleh para delegasi Alaska yang bergembira. Seusai resepsi kenegaraan, panji pusaka itu disimpan di Museum Negara Bagian Alaska, sebagaimana Today in History kutip dari Usflag.org, Kamis (4/7/2019).

Pada tahun selanjutnya, 3 Januari 1959, Alaska resmi menjadi negara bagian terbaru di AS. Kala itu, Eisenhower menandatangani perintah eksekutif yang menetapkan desain baru 49 bintang untuk bendera resmi AS di seluruh penjuru negeri.

Namun, bendera 49 bintang baru sah dikibarkan pertama kalinya pada tanggal 4 Juli 1959. Adapun panji dengan 48 bintang sudah tidak dapat digunakan oleh pemerintah setelahnya.

Para pejabat mengatakan, larangan itu tidak berlaku bagi warga negara, sebagaimana dikutip dari New York Daily News. Akan tetap sah untuk terus mengibarkan bendera berbintang 48 setelah 4 Juli, sampai bendera itu tidak layak digunakan lagi.

2 dari 2 halaman

Desainer Bendera AS

Bendera Amerika Serikat (AP PHOTO)
Perbesar
Bendera Amerika Serikat (AP PHOTO)

Bendera Amerika Serikat berbintang 49 saat itu dipilih oleh komisi khusus. Mengutip Capitalcitiesusa.org terdapat empat orang dalam komite yang menentukan desain panji nasional itu.

Presiden AS Eisenhower kemudian menyetujui desain yang dimaksud, dan resmi dapat digunakan di seluruh penjuru negeri sejak 4 Juli 1959. 

Menurut The New York Times, Presiden Eisenhower mengatakan kepada salah satu tamu dalam upacara, desain itu bukan apa yang dia suka. Pilihan sang presiden sebetulnya adalah sembilan baris bintang, dengan setiap lariknya bergantian lima dan enam bintang, secara berturut-turut.

"Tetapi saya ditolak oleh semua penasihat saya," katanya.

Pada tanggal yang sama tahun 1776, Kongres AS mendeklarasikan Kemerdekaan dari Inggris. Sementara pada 4 Juli 1827, perbudakan dihapuskan di New York.

 

Lanjutkan Membaca ↓