Sukses

Truk Tangki BBM Nigeria Terguling dan Meledak, 50 Orang Tewas

Sebanyak 101 orang terluka akibat bergegas mengambil bahan bakar dari sebuah truk tangki yang terguling di jalanan Nigeri Tengah.

Liputan6.com, Benue - Ledakan truk tangki minyak Nigeria menewaskan sedikitnya 50 orang.

"Setidaknya 50 orang tewas, dan 101 orang terluka setelah mereka bergegas mengambil bahan bakar dari sebuah truk tangki yang terbalik dan tiba-tiba kendaraan itu meledak di Nigeria tengah," kata para pejabat hari Selasa yang dikutip dari CNN Rabu (3/7/2019). 

Insiden itu terjadi pada Senin sore setelah sebuah truk tangki bahan bakar berusaha menghindari lubang dan terguling di jalan Desa Ahumbe di Negara Bagian Benue. Demikian menurut Baba Aliyu, yang bekerja dengan Komisi Keselamatan Jalan Nigeria.

"Jumlah korban tewas bisa meningkat karena banyak dari yang terluka berada dalam kondisi kritis," kata juru bicara pemerintah Negara Bagian Benue Terver Akase kepada CNN.

Toko-toko terdekat juga terbakar akibat ledakan karena terkena bahan bakar yang tumpah, kata para pejabat.

Kecelakaan truk tangki bahan bakar sering terjadi di Nigeria, negara penghasil minyak, di mana pasokan minyak mentah sering diangkut melalui jalan darat.

Hampir 10 orang tewas ketika sebuah truk tangki BBM meledak di kota Lagos Juni lalu. Lebih dari 60 orang tewas dalam kecelakaan tanker lain di negara bagian Anambra pada 2015.

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ledakan Truk Tangki di Italia

Sebelumnya, kecelakaan pernah terjadi di jalan tol sebelah utara Italia pada Senin siang, 6 Agustus 2018. Truk tangki yang membawa bahan mudah terbakar itu menabrak truk lain yang sedang melintas di jalur yang sama. Akibatnya, truk tangki tersebut meledak dan memunculkan kobaran api besar di jalan tol yang berada di dekat bandara Bologna.

Insiden tersebut menewaskan sedikitnya dua orang dan melukai hingga 70 orang lainnya, di mana di waktu bersamaan juga menyebabkan sebagian jembatan layang ambruk. Dikutip dari Time.com pada Selasa 7 Agustus 2018, beberapa orang dilaporkan terkena pecahan kaca yang beterbangan dari hancurnya jendela pada bangunan di sekitar lokasi kejadian.

Polisi Italia mengatakan, antara 60 dan 70 orang telah terluka, beberapa dengan luka bakar parah, dalam kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 14.00 waktu setempat.

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.