Dipenggal Bukan Berarti Mati, Ini 10 Fakta Mengejutkan Soal Ular

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 01 Jul 2019, 20:40 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 17:01 WIB
Saking Hausnya, Ular Ini Jinak Saat Diberi Minum Pakai Gelas

Liputan6.com, Jakarta - Pemberitaan seputar temuan ular memang mengejutkan banyak pihak. Mulai dari penemuan ular di dalam toilet, seekor 'King Cobra' yang menggigit seorang penyanyi di atas panggung, ular piton menelan manusia dan masih banyak yang lainnya.

Kejadian seperti ini tentu membuat para pembaca ngeri, dan membuat mereka selalu waspada dalam setiap langkah yang mereka lakukan. Khawatir ada seekor ular berbisa yang diinjak.

Menurut laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), di Asia sendiri ada sekitar 4 juta kasus gigitan ular setiap tahunnya. Hampir 50 persen, gigitan hewan berbisa ini dibiarkan begitu saja.

WHO juga mencatat, para petani, penggembala, pemburu dan anak-anak adalah korban yang paling rentan terhadap serangan ular.

Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak fakta-fakta menarik seputar ular yang sangat mengejutkan dan mungkin tidak Anda ketahui. Seperti dikutip dari laman Thefactsite.com, Senin (1/7/2019), berikut 10 fakta mengejutkan seputar ular yang belum banyak diketahui orang:

2 of 4

1. Belum Pasti Mati Mesti Sudah Dipenggal

Ilustrasi ular
Ilustrasi (iStock)

1. Apabila Anda telah membunuh ular dengan memotong kepalanya, bukan berarti cerita akan selesai. Apabila potongan kepala ular itu menggigit bagian tubuh bisa jadi Anda akan tewas sebab masih ada aliran bisa yang mereka keluarkan.

2. Jika Anda ingin tidak ada ular dalam kehidupanmu, maka pindahlah ke Irlandia, Islandia, Selandia Baru atau salah satu dari kutub Bumi (Selatan atau Utara). Sebab tidak ada ular di sana.

3. Pawang ular telah mencatat 725 spesies ular berbisa. Dalam kelompok itu, hanya 250 yang mematikan hanya dalam satu kali gigitan.

 

3 of 4

4. Kapasitas Perut

Ular Piton
Ilustrasi Foto Ular Piton (iStockphoto)

4. Bisa tidak makan hingga lebih dari lima hari demi mencerna makanan yang mereka telan dalam tubuh. Biasanya hal ini terjadi pada jenis anaconda dan ular besar lainnya.

5. Pemegang rekor sebagai jenis ular terbesar adalah anaconda. Beratnya bisa mencapai 270 kilogram.

6. Ular tidak punya telinga pada bagian luar. Telinga mereka ada di bagian dalam kulit yang mampu mendengar gelombang suara.

 

4 of 4

7. Giginya Banyak

Ular
Ilustrasi Ular (sumber: unsplash)

7. Ular bisa makan sebanyak mungkin sampai perutnya meledak.

8. Jumlah gigi ular sangat banyak. Jika dihitung totalnya bisa mencapai 200 buah.

9. Ada lima jenis ular yang bisa 'terbang' (melompat ke udara) hingga 300 kaki.

10. Untuk menangkap bau dan sinyal mangsa, ular menggunakan lidahnya yang bercabang.

Lanjutkan Membaca ↓