5 Peristiwa Bumi Spektakuler yang Direkam NASA dari Angkasa Luar

Oleh Afra Augesti pada 30 Jun 2019, 19:40 WIB
Diperbarui 30 Jun 2019, 19:40 WIB
Gunung BBerapi Raikoke
Perbesar
Letusan gunung berapi Raikoke telah difoto dari angkasa luar oleh NASA. (NASA)

Liputan6.com, California - Letusan dahsyat gunung berapi Raikoke pada 22 Juni 2019 telah difoto dari angkasa luar oleh NASA. Astronaut yang berada di Stasiun Angkasa Luar Internasional (ISS) mengambil gambar tersebut ketika satelit berada di atas Kepulauan Kuril.

Namun selain potret tersebut, NASA juga mengabadikan sejumlah peristiwa alam yang direkam dari ISS, mulai dari aurora hingga Bumi yang "terbit".

Berikut 5 fenomena di Bumi yang berhasil ditangkap oleh kamera astronaut NASA saat berada di antariksa, seperti dikutip dari BBC, Minggu (30/6/2019).

2 dari 6 halaman

1. Aurora Borealis

Cara Peselancar Nikmati Keindahan Aurora di Norwegia Utara
Perbesar
Seorang surfer membawa papannya melihat Cahaya Utara atau aurora borealis di Utakleiv, Norwegia utara (9/3). Biasanya aurora terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan kutub Selatan magnetiknya. (AFP/Olivier Morin)

Aurora Borealis, atau Northern Lights, adalah salah satu peristiwa alam yang paling terkenal di Bumi.

Ketika Anda berada di Inggris dan tinggal cukup jauh di utara, Anda terkadang dapat melihat "cahaya-cahaya" langit ini berpendar di angkasa --meski kebanyakan terjadi di Norwegia atau Islandia. 

Aurora Borealis muncul ketika partikel-partikel di atmosfer Bumi berinteraksi dengan medan magnet planet.

Selain Aurora Borealis, ada pula cahaya serupa di sekitar Kutub Selatan yang disebut Aurora Australis.

3 dari 6 halaman

2. Earthrise

Bulan
Perbesar
Pemandangan Bumi dari Bulan. (Doc: NASA)

Perhatikan baik-baik salah satu foto paling terkenal yang pernah diambil. Gambar di atas menunjukkan Earthrise atau Bumi terbit. Foto itu diambil oleh astronaut Bill Anders ketika bergabung dengan misi Apollo 8 pada tahun 1968.

Potret ikonik ini menunjukkan Bumi seolah "mengintip" dari luar permukaan Bulan saat pesawat ruang angkasa kru pertama tersebut mengelilingi Bulan.

4 dari 6 halaman

3. Inggris pada Malam Hari

Inggris dari ISS
Perbesar
Penampakan Inggris pada malam hari, jika diamati dari Stasiun Angkasa Luar Internasional (ISS). Rekaman ini diabadikan oleh astronaut NASA asal Britania Raya Tim Peake. (NASA)

Astronaut Inggris, Tim Peake, mengambil gambar negara tempat ia dilahirkan saat dirinya berada di ISS. Ia mengabadikan gambar Eropa ketika benua tersebut sedang malam dan ISS melewati atasnya.

Terlihat lampu-lampu bersinar cerah di Prancis dan Britania Raya. Jika diperhatikan dengan seksama, Anda juga dapat melihat Aurora Borealis berkelip-kelip di atasnya.

5 dari 6 halaman

4. Sungai bak Ular

Sungai Green dari ISS
Perbesar
Penampakan Sungai Green dari Stasiun Angkasa Luar Internasional. (NASA)

Formasi mirip ular raksasa ini sebenarnya adalah Green River di Utah, Amerika Serikat. Di sana ada ngarai sedalam 300 meter yang melewati lanskap kering.

Sungai Green mengalir sejauh 730 mil melalui Wyoming, Colorado, dan Utah ke Sungai Colorado.

Bagian dari Sungai Green dalam gambar di atas terletak di utara Taman Nasional Canyonlands --tujuan populer untuk hiking dan arung jeram sungai.

6 dari 6 halaman

5. Badai Irma

Badai Irma. (NOAA Via AP)
Perbesar
Badai Irma. (NOAA Via AP)

Gambar di atas menunjukkan ukuran dan skala Badai Irma saat menghantam Amerika Serikat pada tahun 2017.

Sistem topan besar telah menghantam Kepulauan Karibia pada awal bulan itu.

Anda dapat melihat lebar angin ribut tersebut dari foto di atas dan bahkan pusarannya yang berada tepat di tengah -- ada pula Badai Jose yang berada di sebelah kanan Badai Irma.

Gambar dari satelit ISS dan NASA sering digunakan untuk melacak pola cuaca, demi memberikan informasi penting layanan darurat agar bisa menyelamatkan banyak orang.

Lanjutkan Membaca ↓