Sukses

Jangan Malu Menangis, Ini 5 Manfaat Jika Anda Mengeluarkan Air Mata

Banyak orang yang menganggap tangisan itu tanda cengeng. Namun jangan salah, ada manfaat jika Anda mengeluarkan air mata.

Liputan6.com, Jakarta - Menangis sering dikaitkan dengan perasaan sedih, marah, senang, atau tertawa geli. Dan ternyata aktivitas itu baik untuk kesehatan, bukan hanya sekadar meluapkan emosi.

Padahal, selama ini menangis itu kerap disangkutpautkan dengan hal yang buruk. Bahkan, ketika sedang sedih seorang kerabat akan menegur kita.

"Jangan menangis... itu tandanya kamu lemah".

Meski demikian, peneliti menyebut jika menangis itu adalah hal yang baik. Bahkan, kalian akan mendapatkan sejumlah manfaat dari menangis.

Seperti dikutip dari laman selecthealth.org, Selasa (9/10/2018), berikut 5 manfaat menangis yang harus Anda ketahui:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tubuh Akan Lebih Baik Setelahnya

Sebenarnya sejumlah kajian sains yang sulit untuk mendukung mengapa Andan seseorang merasa lebih baik setelah menangis.

Ketika Anda menangis karena alasan emosional, air mata itu mengandung hormon stres yang membantu meringankan tubuh dari bahan hormon yang menyebabkan stres.

 

3 dari 5 halaman

2. Anda Akan Lebih Tenang

Pikiran kita juga dinilai bisa lebih tenang apabila menangis. Itu terjadi lantaran pernapasan Anda stabil dan detak jantung Anda menurun. Menangis bersifat katarsis dan menenangkan secara fisik.

 

4 dari 5 halaman

3. Menangis Adalah Bentuk komunikasi

Ketika Anda masih bayi, menangis benar-benar menyelamatkan hidup Anda karena itu menunjukkan bahwa Anda perlu diberi makan atau dirawat.

Sekarang Anda sudah dewasa, menangis menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda perlu dirawat secara emosional.

Terkadang tubuh Anda tahu apa yang dibutuhkan bahkan sebelum melakukannya, jadi biarkan air mata itu keluar.

 

5 dari 5 halaman

4. Mata Anda Akan Lebih Sehat

Air mata membantu menjaga mata Anda agar terlumasi oleh air dan bebas dari kotoran sehingga penglihatan Anda lebih jelas.

5. Mata Terlindungi dari Bakteri

Air mata bukan hanya air. Mereka mengandung sesuatu yang disebut lisozim, yang dapat membunuh 90-95 persen dari semua bakteri dalam lima hingga sepuluh menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini