Sukses

Hujan Deras dan Banjir Bandang di Skotlandia, Jalanan Kacau Balau

Hujan deras dan banjir bandang menyebabkan kekacauan perjalanan di Skotlandia.

Liputan6.com, Dublin - Dua kota di Skotlandia, Edinburgh dan Stirling, dilanda banjir bandang dan hujan deras. Satu orang terdampar di atap mobil, demikian seperti dikutip dari BBC, Selasa (25/6/2019).

Intensitas hujan yang lebat menyebabkan gangguan di bagian barat ibu kota di Bankhead, Clermiston dan Corstorphine.

Layanan trem ditutup sementara di beberapa daerah karena banjir sudah menutupi jalur kereta listrik ini.

Setelah merendam jalanan ibu kota, hujan deras menuju ke Stirling, memicu peringatan dari polisi dan Dewan Stirling tentang banjir bandang.

Sebuah supermarket Tesco di kota itu tampak kacau ketika sebuah unggahan di media sosial menunjukkan atap toko bocor dan air hujan mengalir ke dalam toko.

Sementara itu, cuitan lainnya menunjukkan sungai yang mengalir di dekat Friar's Wynd, meluap pada Senin malam waktu Skotlandia.

Dewan Stirling mengatakan, banjir bandang dilaporkan melanda di seluruh wilayah dan penduduk sekitar harus berhati-hati saat hendak melakukan perjalanan ke luar rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aliran Listrik Dipadamkan

Trem di Edinburgh sebelumnya menghentikan beberapa layanan sampai air banjir surut dari rel. Pihak trem menyarankan agar para pelanggan menggunakan bus.

Anggota Parlemen untuk Edinburgh West, Christine Jardine, mem-posting cuplikan air yang mengalir masuk ke bagian depan kantornya di St John's Road.

Dia menyarankan, orang-orang di daerah itu untuk tetap melindungi diri mereka sendiri dan menghubungi layanan darurat jika mereka terkena dampak banjir.

"Saya mengkhawatirkan orang-orang yang sedang berada dalam perjalanan pulang ke rumah, yang terjebak banjir. Hal pertama yang akan kami lakukan adalah mematikan seluruh arus listrik di kota. Jika air masuk ke kabel, itu bisa berbahaya," katanya.

Ia menambahkan, "Guntur hebat terjadi sekitar pukul 13.00 dan kami berada di kaki bukit."

3 dari 3 halaman

Bom Cuaca

Met Office mengeluarkan peringatan "cuaca kuning" untuk hujan yang mempengaruhi sebagian besar Skotlandia. Scottish Environment Protection Agency (Sepa) juga merilis lima peringatan banjir kuning untuk Fife, Edinburgh dan Lothian, Dumfries dan Galloway, serta Perbatasan Skotlandia dan Skotlandia Tengah Barat.

Sepa menuliskan melalui Twitter: "Hujan deras yang intensif diperkirakan terjadi pada hari ini, terutama di seluruh wilayah timur, dengan potensi dampak lokal dan gangguan akibat air banjir."

Kantor ramalan cuaca memperingatkan bahwa hujan "bom cuaca" kemungkinan akan menyapu seluruh bagian timur Inggris antara hari Senin dan Selasa waktu setempat.

Polisi menyarankan kepada seluruh pengendara mobil dan motor untuk berhati-hati dan menggunakan rute alternatif jika memungkinkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini