5 Pekerjaan Unik yang Bergaji Besar, Salah Satunya Pengumpul Urin Rusa

Oleh Siti Khotimah pada 23 Jun 2019, 19:40 WIB
Suku Dukha: Penggembala Rusa Kutub yang Tersisa di Muka Bumi

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai pekerjaan tersedia di muka bumi ini, sebagian memiliki gaji yang tinggi dengan risiko yang berat. Sementara yang lain berupah pas-pasan, dengan konsekuensi kerja yang ringan.

Hampir semua orang menginginkan pekerjaan bergaji besar, bersih, dan risiko yang hampir tidak ada. Namun jelas, profesi seperti itu sangat susah ditemukan. Sementara itu, tak sedikit orang menghindari pekerjaan sepele atau kotor dengan asumsi: pasti upahnya tidak seberapa.

Tahukah Anda, lima pekerjaan tak terduga berikut memiliki gaji yang besar. Bahkan lebih banyak dibandingkan dengan karyawan pada umumnya. Simak informasi berikut, sebagaimana dilansir dari laman List Verse pada Minggu (23/6/2019).

2 of 6

1. Pengumpul Urin Rusa

Ilustrasi hewan rusa (AFP)
Ilustrasi hewan rusa (AFP)

Di Amerika Serikat, terdapat sebuah "parfum" khusus untuk memikat hewan buruan. Cairan itu digunakan untuk menyembunyikan aroma manusia serta memikat kijang atau rusa, karena indera penciuman mereka cukup baik.

Jika Anda mengira parfu itu terbuat dari bahak kimia, maka Anda salah. Mengingat tidak mudah untuk mengelabuhi hewan-hewan itu, maka umpan ini dibuat dengan air seni rusa yang berkualitas.

Urin itu dijual dengan harga yang fantastis: US$ 110 per galon (sekitar Rp 1.550.000). Tak mengherankan jika pengumpul air kencing rusa adalah pekerjaan bergaji tinggi.

Alasan di balik gaji yang tidak kecil itu karena hanya sedikit orang yang memiliki keahlian untuk melakukannya. Mengingat, rusa memiliki kecenderungan untuk sering berpindah-pindah yang membuat tugas mengumpulkan urin menjadi sulit.

3 of 6

2. Pengumpul Bangkai Rusa

Rusa di Miyajima sebelum ke Kuil Itsukushima.
Rusa di Miyajima sebelum ke Kuil Itsukushima. (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Masih tentang hewan yang sama yakni rusa, ternyata pengumpul bangkai binatang itu mendapatkan gaji yang tidak bisa dilihat remeh. Di AS, sering terdapat insiden di mana mobil menabrak rusa yang berkeliaran.

Rata-rata setiap tahunnya, terjadi 1,5 juta insiden penabrakan rusa. Pengumpul bangkai hewan itu sangat dibutuhkan, yang juga bertugas membersihkan jalanan pasca-kecelakaan berlangsung.

Meskipun terdengar remeh dan tidak menyenangkan, ternyata pekerjaan ini mendapatkan upah yang sangat tingi. Seorang pengumpul bangkai rusa mampu menghasilkan US$ 72.000 (sekira Rp 1,07 miliar) setiap tahunnya jika tinggal di negara bagian dengan tingkat penabrakan rusa yang sedang hingga tinggi.

4 of 6

3. Pembersih TKP

Bunuh Diri
Ilustrasi Bunuh Diri (iStockphoto)

Jika membayangkan sebuah kecelakaan atau pembunuhan, Anda dapat menyebut sejumlah profesi yang berkaitan dengan hal itu. Di antaranya adalah polisi, detektif, hakim, dan jaksa penuntut. Namun tahukah Anda terdapat satu pekerjaan yang luput dari perhatian?

Terdapat beberapa orang yang bertugas membersihkan tempat-tempat bekas kejahatan di lakukan, atau biasa disebut sebagai Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Pembersih TKP terdengar seperti pekerjaan kotor dan bergaji rendah. Padahal, pekerjaan itu sering kali dibayar banyak. Namun jelas, tugas ini tidak mudah karena menuntut keberanian.

Di Amerika Serikat, pembersih TKP dapat dengan mudah mendapatkan gaji tujuh digit dalam waktu singkat, yakni sekitar US$ 250 per jam (sekira Rp 3.530.000). Meski demikian, pekerjaan ini cenderung tidak berpenghasilan sama setiap bulannya. Besarannya tergantung pada berapa lama mereka melakukannya dan berapa banyak kejahatan yang terjadi.

5 of 6

4. Pengumpul Bola Golf

Ilustrasi lapangan golf (iStockphoto)
Ilustrasi lapangan golf (iStockphoto)

Permainan golf ternyata sangat memberikan manfaat bagi pengumpul atau pengambil bola yang sering kali "lari" secara acak karena pukulan tidak presisi. Pengumpul bola golf itu rela menjelajahi semak-semak dan menyelam ke dalam danau buatan. Tak jarang mereka harus menjangkau tempat-tempat yang sulit.

Di banyak negara di dunia, menghadapi hewan berbahaya seperti buaya dan ular berbisa juga bagian dari pekerjaan itu. Itulah mengapa mereka digaji besar.

Besaran upah yang didapat bergantung pada lapangan golf dan kesepakatan berapa nominal dibayar untuk setiap bola yang diperoleh.

Namun rata-rata, pengumpul bola golf di AS bisa menghasilkan sekitar US$ 100.000 per tahun (sekitar Rp 1,4 miliar). Angka itu bisa lebih tinggi bagi mereka yang telah cakap.

6 of 6

5. Pekerja Kasar di Tambang Batu Bara

20151005-Pekerja-Batu-Bara
Pekerja Batu Bara (iStock)

Biasanya orang akan melihat profesi di tambang batu bara sebagai pekerjaan yang susah dan panas. Belum lagi dengan lapisan debu dari batu bara yang menempel di tubuh.

Meskipun telah menjadi rahasia umum bahwa para insinyur dan teknisi di industri batu bara akan dibayar dengan baik, ternyata para penambang kasar yang bekerja di bawah tanah juga tidak terlalu jauh dengan hal itu.

Di Amerika Serikat, penambang batubara yang baru memulai pekerjaannya akan menghasilkan upah sekitar $ 60.000 (sekitar Rp 847.500.000) per tahun. Penghasilan itu belum ditambah dengan upah lembur, tunjangan keselamatan, serta tunjangan lainnya.

Sementara para eksekutif di industri pertambangan AS dapat menghasilkan US$ 200.000 (sekitar Rp 2,8 miliar) per tahunnya.

Lanjutkan Membaca ↓