Kabar Ronaldo Beri Donasi untuk Palestina Saat Ramadan Ternyata Hoaks

Oleh Rizki Akbar Hasan pada 21 Jun 2019, 21:38 WIB
HOAX

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengenai pesepakbola kondang Cristiano Ronaldo memberikan donasi untuk Palestina saat bulan suci Ramadan 2019 adalah hoaks. Hal itu dikabarkan sebuah situs pemeriksa fakta dengan mengklarifikasi kepada sumber yang dekat dengan sang atlet.

Bulan lalu, bertepatan pada periode Ramadan, sebuah pemberitaan yang dilansir beberapa outlet media internasional mengabarkan bahwa Cristiano Ronaldo menyumbang US$ 1,5 juta untuk Jalur Gaza Palestina.

Liputan6.com termasuk yang memberitakan informasi tersebut pada 21 Mei 2019 dengan judul "Demi Ringankan Beban Palestina, Cristiano Ronaldo Sumbang Rp 21,7 Miliar" dan dipublikasi ulang pada 23 Mei 2019 dengan judul "Cristiano Ronaldo Sumbang Rp 21,7 Miliar Bantu Palestina Selama Ramadan".

Kedua artikel itu mengutip publikasi dari PressTV.com, situs stasiun televisi berita terafiliasi dengan badan penyiaran negara Iran, IRIB.

Namun, berdasarkan penelusuran Maarten Schenk dari situs pemeriksa fakta Leadstories.com, yang dikutip pada Jumat (21/6/2019), informasi tentang donasi yang diberikan Ronaldo kepada Palestina dipastikan palsu.

Schenk mengklarifikasi informasi itu kepada firma agensi yang menangani Cristiano Ronaldo, dengan seorang sumber yang dekat memastikan bahwa "kabar tersebut palsu."

2 of 2

Awal Hoaks Merebak

Ilustrasi hoax
Ilustrasi hoax atau hoaks (iStockPhoto)

Awalnya, kisah hoaks seputar Cristiano Ronaldo itu beredar melalui sebuah artikel yang diterbitkan pada 16 Mei 2019 oleh 9SportPro berjudul: "Ronaldo surprised with his gesture, donates €1.5 million to feed Palestinians for iftar."

Jika diterjemahkan, judul itu berarti: "Mengejutkan, Ronaldo menyumbangkan 1,5 juta Euro untuk memberi makan orang Palestina untuk berbuka puasa."

9SportPro mengutip sumber dari 'infoshqipmedia', sebuah situs berbahasa Albania dari Makedonia. Situs itu menerima informasi "dari sejumlah sumber media asing" namun tidak mengutip asal-muasalnya secara jelas.

Mengutip Leadstories.com, artikel itu kemudian "viral melalui berbagai unggahan di media sosial ... di-RT oleh akun Twitter sebuah yayasan amal 'mencurigakan' yang mengklaim dari Nigeria, hingga kemudian disari menjadi bahan berita oleh situs berita Telesur (Venezuela) dan RT (Rusia), serta berbagai outlet media lain."

"Cristiano Ronaldo Donates $1.5M to Palestine for Ramadan" judul yang dipasang Telesur pada 16 Mei 2019.

Sementara RT, pada 17 Mei 2019, memasang judul, "Cristiano Ronaldo donates $1.5 million to help feed starving people on the Gaza Strip - reports."

Akan tetapi, "semua outlet media itu tidak mengonfirmasi langsung kepada firma manajemen Ronaldo, Gestifute," jelas Leadstories.com.

Gestifute merupakan firma agensi atlet olahraga yang didirikan oleh Jorge Mendes dan berbasis di Porto, Portugal.

"Kami (Leadstories.com) melakukan konfirmasi kepada mereka (Gestifute), yang memastikan bahwa narasumber yang dekat dengan sang atlet (Ronaldo) sangat menjamin bahwa informasi itu palsu, 'seperti banyak kisah (palsu) lain tentang Ronaldo'," tulis Maarten Schenk dari situs pemeriksa fakta Leadstories.com, dikutip pada 21 Juni 2019.

Baik Telesur dan RT juga telah memuat berita klarifikasi dengan merujuk pada laporan Leadstories.com.

"Reports of Cristiano Ronaldo donating $1.5mn to starving people in Gaza denied," judul yang dipasang RT untuk berita klarifikasinya pada 23 Mei 2019.

Sementara Telesur memasang judul berita "Correction: May 20, 2019" yang berisi klarifikasi mereka atas kekeliruan informasi tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓