Sukses

4 Alasan Ini Membuat Peneliti Yakin bahwa Laut Bisa Bikin Manusia Bahagia

Laut atau pantai diklaim bisa memberi efek baik bagi manusia. Bukan hanya kesehatan tubuh, ahli menilai jika pantai dan laut bisa membuat manusia bahagia.

Liputan6.com, Jakarta - Menghabiskan waktu liburan ke pantai sambil melihat Matahari terbenam adalah hal luar biasa yang kerap diinginkan oleh banyak orang.

Mendengar deburan ombak di laut dengan kicauan burung-burung serta suara angin yang menambah kesan ketenangan.

Laut atau pantai diklaim bisa memberi efek baik bagi manusia. Bukan hanya kesehatan tubuh, ahli menilai jika pantai dan laut bisa membuat manusia bahagia.

Seperti dikutip dari rightside.me, Kamis (20/6/2019) berikut 4 hal yang membuat peneliti yakin jika laut bisa membuat manusia bahagia:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Laut Menjadi Obat Selama Puluhan Generasi

Manusia telah lama memahami efek sehat dari laut selama beberapa dekade. Pada abad ke-18, dokter William Buchan mendorong seseorang mandi di laut karena dianggap memiliki manfaat pengobatan.

Ada rumah sakit khusus yang sepenuhnya didirikan untuk melaksanakan praktik-praktik ini. Dan hari ini kita dapat mengatakan bahwa mereka berada di jalur yang benar, karena telah ditemukan bahwa pengaruh laut terhadap manusia sangat besar.

 

3 dari 5 halaman

2. Membantu Memberi Oksigen pada Tubuh Kita

Salah satu efek ditemukan oleh tim ilmuwan yang berangkat untuk mempelajari hubungan antara kedekatan pantai dan kesehatan dalam sebuah proyek yang disebut BlueHealth.

Para ilmuwan menemukan bahwa laut merangsang area otak yang disebut prefrontal cortex, yang merupakan area yang bertanggung jawab atas emosi dan refleksi pribadi kita.

Peneliti menyadari bahwa suara laut mampu meningkatkan kesadaran diri dan emosional.

 

4 dari 5 halaman

3. Suara Laut Membantu Mengurangi Stres

Spesialis mengatakan bahwa suara yang dikeluarkan oleh laut mengurangi tingkat kortisol, hormon stres, dan mentransmisikan ketenangan.

Mereka bahkan menyarankan bahwa itu mengingatkan kita pada suara detak jantung ibu kita ketika berada di dalam rahim, yang akan memiliki dampak emosional terkait dengan perasaan perlindungan dan keamanan.

 

5 dari 5 halaman

4. Gelombang Laut Membuat Kita Merasa Aman

"Ketika kita melihat ke arah laut, atau ketika kita berada di sepanjang pantai, kita berada dalam lingkungan yang stabil dan dapat diprediksi," kata ilmuwan saraf Michael Merzenich.

Dia menjelaskan bahwa kita merasa aman ketika kita berada di tempat yang bebas dari ancaman seperti binatang liar di hutan atau penjahat di kota besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini