6 Makanan Ini Diklaim Bisa Bikin Orang Ngantuk

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 20 Jun 2019, 19:05 WIB
Nasi Putih

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda merasa lelah atau merasa ngantuk, padahal sudah tidur malam yang cukup selama tujuh hingga delapan jam? Jika ya, apa penyebabnya?

Ternyata, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa makanan yang Anda konsumsi saat sarapan. Karena sebenarnya beberapa makanan tersebut mengandung zat-zat yang dapat membuat Anda ngantuk, sehingga kurang cocok untuk dikonsumsi di pagi hari.

Apa saja makanan-makan tersebut?

Seperti dikutip dari laman Menshealth.com (20/6/2019), berikut ini adalah enam makanan yang diam-diam membuat Anda lelah atau ngantuk saat sedang melakukan rutinitas keseharian Anda:

2 of 7

1. Kenari

Ilustrasi Kenari
Ilustrasi Kenari (Foto: pixabay/LubosHouska)

Kenari mengandung melatonin, hormon yang membuat Anda merasa mengantuk.

"Biasanya, pada malam hari tubuh akan memproduksi melatonin yang menyebabkan manusia bisa ngantuk," ujar Christopher Winter, M.D.

"Jadi makan kenari yang mengandung melatonin dapat mempercepat waktu kantuk Anda," ujar pria yang juga penulis buku The Sleep Solution.

3 of 7

2. Ceri

Ilustrasi ceri
Ilustrasi ceri (iStock)

Sama seperti kenari, ceri juga mengandung melatonon. Bahkan, sebuah penelitian di European Journal of Nutrition menemukan bahwa orang yang makan satu ons jus ceri Montmorency di pagi hari dan sebelum tidur mendapat tambahan 40 menit tidur dibandingkan orang yang tidak tidur.

Oleh sebab itu, makan ceri sebelum tidur mungkin bisa membantu kalian yang menderita insomnia.

4 of 7

3. Ikan Salmon

ikan
ilustrasi ikan salmon/Photo by Huy Phan from Pexels

Ikan salmon banyak mengandung omega-3, yang oleh salah satu studi berjudul Journal of Sleep Research dikatakan dapat membuat seseorang cepat tidur.

Para peneliti menilai jika omega-3 yang cukup dan masuk dalam tubuh akan memproduksi melatonin yang membuat seseorang mengantuk.

Banyak makanan laut lainnya mengandung asam lemak omega-3, seperti herring, sarden, mackerel, tiram, seabass, udang, lobster, tuna, dan kod.

5 of 7

4. Nasi

Nasi putih
Nasi putih/copyright: unsplash/vitchakorn koonsyoying

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa makan 2 1/2 cangkir nasi putih empat jam sebelum tidur dapat membantu Anda tertidur lebih cepat.

Menurut peneliti itu semua terjadi karena nasi mengandung karbohidrat yang kemudian mendorong perasaan tenang dan relaksasi.

Oleh karenanya, makan siang sampai kenyang kerap membuat Anda ngantuk. Pada saat malam hari, perut telah terisi pun tidur menjadi cepat.

6 of 7

5. Telur

Putih Telur
Ilustrasi putih telur/copyright shutterstock

Telur adalah sedikit dari makanan yang secara alami mengandung vitamin D dan menurut peneliti dapat berdampak pada kualitas tidur Anda.

Satu studi baru-baru ini yang diterbitkan menemukan bahwa pria yang kekurangan vitamin D mengalami lebih banyak gangguan tidur dan kurang tidur secara keseluruhan dibandingkan dengan mereka yang mendapat cukup vitamin D.

7 of 7

6. Susu Hangat

Ilustrasi Susu
Ilustrasi susu (dok. Pixabay.com/Couleur/Putu Elmira)

Susu mengandung kalsium serta triptofan. Sebagian besar susu juga diperkaya dengan vitamin D, jadi Anda akan mendapatkan bonus tambahan itu juga.

Hangatnya susu yang diminum bisa membuay seseorang tenang dan jauh lebih mudah tidur.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait