5 Pemimpin Dunia dengan Pengikut Instagram Terbanyak, Ada Jokowi

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 17 Jun 2019, 19:05 WIB
20160721- Presiden Jokowi Jelaskan Manfaat Tax Amnesty di Istana- Faizal Fanani

Liputan6.com, Jakarta - Tak bisa dipungkiri bahwa media sosial memiliki peranan penting dalam menyampaikan informasi kepada khalayak.

Tak hanya masyarakat pada umumnya, namun media sosial seperti Instagram juga digunakan oleh para pemimpin dunia.

Lewat media sosial seperti Instagram, pemimpin dunia ini membagikan informasi tentang aktivitas atau program yang mereka kerjakan.

Berikut 5 pemimpin dunia dengan jumlah pengikut Instagram terbanyak di dunia, seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (17/6/2019):

2 of 6

1. Narendra Modi

Perdana Menteri Narendra Modi (AP)
Perdana Menteri Narendra Modi (AP)

Narendra Modi (68) kembali terpilih sebagai perdana menteri India setelah partai pengusungnya, Bharatiya Janata (BJP), meraih lebih banyak kursi parlemen dari kemenangan pertamanya pada 2014 lalu.

Hal itu, oleh para pengamat, disebut menandakan dukungan besar rakyat India terhadap kepemimpinan dan ideologi nasionalis Hindu-nya yang kuat.

Tidak lama setelah pengumuman kemenangan tersebut, Modi menerima banyak ucapan selamat di Twitter. Dia mengatakan akan berpegang pada semangat "Chowkidar," atau "penjaga amanah", yang telah digaungkannya sejak beberapa bulan lalu.

Rupanya, pria yang satu ini sangat populer di media sosial. Di akun Instagramnya saja sudah memiliki pengikut sebanyak 23,4 juta.

Dengan jumlah ini menjadikanya sebagai pemimpin dunia saat ini yang memiliki pengikut Instagram terbanyak di dunia.

3 of 6

2. Joko Widodo

Presiden Jokowi Terima Pengurus Apindo di Istana Merdeka
Presiden Joko Widodo saat menerima pengurus Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (13/6/2019). Presiden Jokowi meminta masukan dari Apindo terkait pemerintahan ke depan, salah satunya tentang upaya peningkatan nilai ekspor. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

 

Presiden RI ke-7 ini rupanya menduduki peringkat kedua dalam jumlah followers di Instagram. Jumlah pengikutnya mencapai 21.2 juta.

Dalam akunnya itu, Jokowi kerap membagikan aktivitas sehari-hari.

4 of 6

3. Donald Trump

Donald Trump
Donald Trump telah mengancam penutupan sangat lama terhadap pemerintah AS apabila pendanaan untuk pembangunan tembok perbatasan tidak direstui. (AP File)

Donald Trump, Presiden Amerika Serikat ke-45. Sebelum menduduki kursi orang nomor satu di Negeri Paman Sam, Trump adalah seorang pebisnis, pekerja di media dan politikus.

Pria berusia 71 tahun ini berhasil menjadi presiden setelah mengungguli lawannya dari partai Demokrat yaitu Hillary Clinton.

Trump adalah pemimpin dunia saat ini yang sangat aktif menggunakan media sosial. Tercatat ada 13,2 juta orang yang menjadi pengikutnya di Instagram, dan itu belum termasuk mereka yang mengikuti akun Twitter-nya.

5 of 6

4. Paus Fransiskus

Pertama Kali, Paus Fransiskus Kunjungi Uni Emirat Arab
Paus Fransiskus tersenyum saat tiba di bandara Internasional Abu Dhabi di Uni Emirat Arab (3/2). Kunjungan ini menjadi momen bersejarah karena menjadi kunjungan pertama Paus Fransiskus di Jazirah Arab. (AP Photo/Andrew Medichini)

Paus Fransiskus lahir dengan nama Jorge Mario Bergoglio di Buenos Aires, Argentina, 17 Desember 1936 (umur 82 tahun). Ia adalah Paus ke-266.

Ia juga aktif dalam media sosial. Di Instagram, jumlah followersnya mencapai 6,2 juta.

6 of 6

5. Recep Tayyip Erdogan

Keakraban Erdogan, Putin, Rouhani Saat Bahas Perdamaian Suriah
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara dalam menggelar pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Iran Hassan Rouhani terkait perdamaian Suriah di Ankara, Turki, Rabu (4/4). (AFP PHOTO/ADEM ALTAN)

Recep Tayyip Erdogan adalah seorang politikus Turki yang menjabat sebagai Presiden sejak 2014. Sebelumnya, ia menjabat Perdana Menteri Turki sejak 14 Maret 2003 sampai 28 Agustus 2014.

Jejak politiknya juga bermula pada level wali kota. Tahun 1994, ia terpilih sebagai Wali kota Istanbul dalam pemilu lokal.

Erdogan juga aktif dalam media sosial. Di Instagram ia memiliki pengikut hingga 5,6 juta.

Lanjutkan Membaca ↓