Orang yang Berantakan Lebih Kreatif dan Fleksibel? Ini Penjelasannya

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 17 Jun 2019, 18:35 WIB
20160206-Dapur Kotor-istok

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini kita menganggap bahwa penampilan bersih adalah hal sangat positif dan menganggap penampilan berantakan itu tidak baik.

Penampilan yang berantakan juga lekat dengan kehidupan yang tidak teratur. Dan banyak pula orang beranggapan jika mereka yang berpenampilan berantakan tidak akan bisa mengurus hal lain, lantaran dirinya saja tidak bisa dijaga.

Namun, ahli mengungkapkan bahwa seseorang yang memiliki penampilan berantakan tak semuanya seperti itu. Ada sisi positif dari mereka yang memiliki gaya tersebut.

Menurut sebuah studi tahun 2013, orang-orang dapat menghasilkan ide-ide yang lebih kreatif ketika mereka berada di ruang yang tidak rapi. Mereka siap mencoba hal-hal baru dan terbuka terhadap inovasi.

Misalnya di ruang kerja. Ruang kerja adalah salah satu tempat paling menarik yang ada di dalam rumah. Kerap kali, benda yang ada di atas meja kerja berantakan atau diselimuti debu.

Mereka yang punya kebiasaan membiarkan debu pada benda-benda di atas meja atau membuat meja berantakan digambarkan sebagai seseorang dengan kepribadian yang kreatif dan inventif.

Meski terkesan jorok, di lain sisi mereka yang melakukannya identik dengan seseorang yang memiliki ide-ide yang tak biasa dan sangat kreatif.

Selain urusan ruang kerja, cara meletakkan baju kotor juga menggambarkan sisi positif.

Kebanyakan anak kost-an yang melakukan hal ini. Membiarkan pakaian kotor menumpuk di dalam ember atau baskom dan berantakan.

Penundaan pekerjaan ini sebenarnya sering kali dihadapi oleh banyak orang. Ini sering terjadi dalam tugas kita sehari-hari.

Namun, tak melulu hal itu dilakukan karena seseorang itu malas. Melainkan, seseorang itu telah menjadwalkan semua pekerjaannya.

Mereka yang biasa menumpuk baju kotor berhari-hari dan sudah punya jadwal pekerjaannya biasanya adalah orang yang bekerja sesuai rencana atau jadwal yang telah ditentukan.

2 of 2

Makna Sering Menyimpan Sampah dalam Laci

Ilustrasi Lemari dengan Kaki
Ilustrasi lemari dengan kaki. (iStock)

Pada pandangan pertama, apartemen atau kamar seseorang mungkin tampak sempurna. Lantai yang bersih, buku-buku yang tertata rapi, wallpaper yang sesuai, dan lain-lainnya.

Namun, sudahkah Anda melihat laci yang ada di tempat tinggal teman Anda. Bisa jadi isinya tidak serapi yang Anda lihat di bagian-bagian sebelumnya. Bisa jadi pula ada banyak sampah atau benda tak jelas yang disimpan di sana.

Ternyata, mereka yang memiliki kebiasaan seperti ini dapat tergambarkan kepribadiannya. Mereka suka menunjukkan sisi terbaik dari kepribadian mereka dan mereka melakukan banyak hal terutama untuk mengesankan orang lain.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait