Sukses

5 Fakta Tak Terduga di Balik Bau Mulut

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini kita menganggap bahwa bau mulut itu hanya disebabkan karena jarang menyikat gigi. Namun faktanya, penyebab bau mulut bukan itu saja.

Kondisi tubuh dan organ lainnya juga mempengaruhi bau mulut. Lewat bau mulut pula, Anda bisa memahami penyakit atau kondisi apa yang sedang dialami.

Bahkan, obat dan cara penanggulangannya bisa Anda temukan tergantung dari jenis bau dan ciri-ciri dan perubahan lidah serta mulut.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Jumat (14/6/2019) berikut 5 fakta tak terduga di balik bau mulut yang patut Anda waspadai:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Infeksi Jamur

Masalah ini disebut oral thrush, dan mempengaruhi mulut, menciptakan bintik-bintik putih pada tenggorokan dan lidah.

Infeksi ini disebabkan oleh bakteri bernama Candida Albicans yang secara alami menghuni mulut Anda dan dikendalikan oleh sistem kekebalan tubuh.

Jika sistem kekebalan tubuh Anda melemah, bakteri ini dapat dengan cepat bereproduksi menyebabkan infeksi. Terlepas dari potongan putih di tenggorokan Anda, gejala lain dari ini adalah rasa aneh di mulut Anda.

3 dari 6 halaman

2. Hamil

Terlepas dari mual dan kelelahan, sebagian besar wanita hamil mengeluh tentang bau di mulut mereka. Ini terjadi karena perubahan hormon yang dialami tubuh Anda saat menciptakan kehidupan baru.

Hormon dapat memengaruhi indera penciuman dan rasa Anda, menyebabkan Anda membenci bekas parfum favorit Anda. Tapi jangan khawatir, ini biasanya hilang pada trimester ketiga.

4 dari 6 halaman

3. Bisa Jadi karena Flu atau Pilek

Jika lidah Anda terasa pahit, disertai flu atau pilek, jangan khawatir, ini benar-benar normal. Keduanya adalah infeksi umum dan, menurut para ilmuwan, mereka membuat sistem kekebalan tubuh Anda siap untuk melawannya dengan produksi protein.

Saat ini sedang berlangsung, mungkin ada rasa pahit di mulut Anda. Sehingga akan menciptakan bau mulut.

5 dari 6 halaman

4. Bisa Jadi Diabetes

Jika tubuh Anda mengalami kesulitan mengatur gula dalam darah Anda, Anda mungkin mengalami rasa manis yang aneh di mulut Anda.

Alasan lain adalah bahwa terkadang diabetes dapat menurunkan jumlah zat seng yang Anda serap, membuat mulut Anda terasa pahit dan bau.

6 dari 6 halaman

5. Tingkat Stres Anda Sudah Terlalu Tinggi

Kecemasan dapat menyebabkan apa yang dikenal sebagai xerostomia atau mulut kering. Hal ini menyebabkan efek kekeringan yang disebabkan oleh jumlah air liur yang rendah di mulut Anda.

Air liur memainkan peran penting dalam kesehatan dari awal pencernaan kita untuk melawan bakteri jahat di mulut.

Jadi jika Anda tidak memproduksinya dalam jumlah yang diperlukan, Anda akan merasa aneh. Ketika Anda gugup, khawatir, atau cemas, Anda cenderung menghasilkan lebih sedikit air liur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.