Sukses

Fosil Paus hingga Sungai yang Hilang, 3 Hal Tersembunyi di Gurun Sahara

Gurun sahara menyimpan banyak misteri. Di antaranya adalah fosil paus dan sungai yang pernah ada namun telah menghilang.

Liputan6.com, Jakarta - Gurun sahara adalah padang pasir luas di Afrika Utara yang konon telah berusia 2,5 juta tahun. Banyak mitos terkait gurun ini, misalnya jika ada seseorang yang tersesat di dataran berpasir yang seperti tak berujung ini, maka akan susah untuk ditemukan.

Namun tentu hal itu mungkin hanya terjadi di masa lalu, karena saat ini teknologi canggih telah ditemukan.

Meskipun banyak mitos dan misteri terkait Gurun Sahara, terdapat beberapa hal menakjubkan namun faktual tentang dataran ini. Salah satunya adalah fosil hewan laut yang pernah ditemukan.

Berikut adalah tiga hal tersembunyi dari Gurun Sahara yang tak pernah diduga sebelumnya, sebagaimana dilansir dari laman List Verse pada Kamis (13/6/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fosil Paus

Pernah kah Anda mendengar tentang keberadaan fosil paus di Gurun Sahara? Sepintas mungkin terkesan mengada-ada. Namun, ahli geologi mengatakan bahwa dataran tandus yang luas itu merupakan samudera di masa lalu.

Di Wadi Al-Hitan di Mesir, bukti Samudera Tethys yang hilang dapat ditemukan. Di wilayah yang dikenal sebagai Whale Valley, pernah didapati fosil ikan paus di situs itu.

Ketika nenek moyang paus modern mati di laut 37 juta tahun yang lalu, tubuh mereka tertutup endapan. Saat kerak Bumi naik, bekas apa yang menjadi rumah mereka berubah menjadi daratan.

Saat ini, kerangka paus sepanjang 15 meter (50 kaki) sedang dipelajari oleh ahli paleontologi. Di samping tulang paus, gigi hiu besar dan ganas juga ditemukan di sana.

3 dari 4 halaman

Sungai yang Hilang

Gurun Sahara di masa lalu bukan seperti apa yang saat ini kita lihat: tandus dan gersang. Ketika iklim berubah selama jutaan tahun, perbatasan pasir telah bergeser.

Seperti halnya para ilmuwan dapat mencari bukti kuno tentang air di Mars, mereka juga melakukan hal serupa di Gurun Sahara. Penelitian telah mengungkapkan bahwa apa yang dulunya merupakan cekungan drainase terbesar ke-12 di dunia pernah mengalir di Sahara.

Sisa-sisa sungai di Mauritania diketahui ketika ngarai bawah laut di lepas pantai ditemukan. Sedimen sungai juga muncul di tempat-tempat yang tak terduga.

Citra satelit kemudian mengonfirmasi keberadaan sungai yang hilang tersebut. Sungai yang hilang sekarang disebut Sungai Tamanrasett, dan penelitian terus menemukan lebih banyak tentang genangan air yang mungkin telah mengering hanya 5.000 tahun yang lalu.

4 dari 4 halaman

Meteorit dan Kawah

Batu dan meteorit dari luar angkasa memang sering jatuh ke Bumi. Sebagian besar terbakar tanpa memunculkan bahaya di atmosfer, meninggalkan hanya seberkas cahaya di langit. Sementara yang lain mencapai tanah dan mampu menghancurkan objek di permukaan bumi.

Karena kebanyakan terjadi di masa lalu yang jauh, kawah yang ditinggalkan oleh meteor yang mencapai Bumi sering kali diabaikan. Khususnya karena erosi atau pertumbuhan tanaman menutupi cekungan yang dimaksud.

Namun di gurun, kawah bekas meteor tersebut masih bisa terlihat dengan jelas. Salah satunya Kamil Crater yang memiliki lebar 45 meter (148 kaki) di bagian barat daya Mesir. Kawah itu jelas menunjukkan di mana meteor jatuh ke Bumi sekitar 5.000 tahun yang lalu.

Namun, bukan hanya kawah yang ditinggalkan oleh meteorit. Di sekitar Kamil Crater, pecahan meteorit itu sendiri ditemukan jauh dari tempat tumbukan, menyebar di pasir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini