Dubes Moazzam Malik Akan Terima Penghargaan dari Ratu Elizabeth II

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 11 Jun 2019, 15:33 WIB
Dalam wawancara khusus bersama Liputan6.com, Dubes Moazzam mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur atas penghargaan tersebut (Liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik akan menerima penghargaan Companion of the Order of St Michael and St George (CMG) dari Ratu Elizabeth II.

Companion of the Order of St Michael and St George (CMG) diberikan kepada Dubes Moazzam Malik atas kerja kerasnya selama menjabat duta besar di Indonesia.

Dalam wawancara khusus bersama Liputan6.com, Dubes Moazzam mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur atas penghargaan tersebut.

"Saya berasa bersyukur dan beruntung karena ada salah satu kolega saya di Inggris yang mendaftarkan nama saya untuk mendapat penghargaan tersebut," ujar Moazzam di Kedutaan Besar Inggris, Jakarta, Selasa (11/6/2019).

"Saya menerima Companion of the Order of St Michael and St George (CMG) dari Ratu Elizabeth II dan akan diundang oleh Yang Mulia Ratu untuk menerima gelar 'Honour' itu," tambahnya.

Meski menerima penghargaan atas nama pribadi, Dubes Moazzam Malik mengatakan bahwa itu adalah prestasi bersama.

"Ini sebuah gelar untuk kerja saya di Indonesia dan ini adalah penghargaan untuk saya dan tim," tambahnya.

Moazzam Malik juga menekankan bahwa mimpi tidak akan bisa dicapai secara sendiri, melainkan bersama-sama.

"Untuk mewujudkan mimpi yang besar maka kerja sama harus terus dilakukan."

2 of 3

Apa Itu Order of St Michael and St George?

Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth
Suami Ratu Elizabeth, Pangeran Philip genap berusia 98 (Dok.Instagram/@kensingtonroyal/https://www.instagram.com/p/Byhf69Zlto8/Komarudin)

Order of St Michael and St George diberikan kepada individu yang telah memberikan layanan penting yang berkaitan dengan persemakmuran dan negara asing.

Penghargaan ini telah diberikan sejak tahun 1818. St Michael and St George adalah sosok kesatria Inggris yang berjasa untuk negara tersebut.

Order of St Michael and St George terbagi menjadi tiga kategori dan tingkatan:

  1. Knight Grand Cross or Dame Grand Cross (GCMG)
  2. Knight Commander (KCMG) or Dame Commander (DCMG), dan
  3. Companion (CMG)
3 of 3

Orang Indonesia yang Menerima Penghargaan Serupa

SBY dan Ani Yudhoyono
SBY dan Ani Yudhoyono (Sumber: Instagram/aniyudhoyono)

Ternyata, ada nama orang Indonesia yang pernah menerima penghargaan ini. Ia adalah Presiden RI ke-6 yaitu Susilo Bambang Yudhoyono.

Beda dengan Dubes Moazzam, SBY mendapatkan penghargaan dari tingkat yang tertinggi yaitu Knight Grand Cross or Dame Grand Cross (GCMG).

SBY dinilai telah berjasa karena telah mempererat hubungan kedua negara. Penghargaan itu diterima SBY pada tahun 2012 silam.

Dalam situs resmi kerajaan Inggris royal.gov.uk, tertera informasi soal sejarah gelar tersebut. Pemimpin asing yang telah menerima penghargaan tersebut antara lain Presiden AS Ronald Reagen, Presiden Prancis Jaques Chirac dan Presiden Turki Abdullah Gul.

Sementara itu, mantan Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa juga menerima penghargaan kehormatan Honourary Knight Commander of the Order of St. Michael and St. George (KCMG) dari Ratu Inggris Raya dan Irlandia Utara Elizabeth II pada November 2012.

Lanjutkan Membaca ↓