Ternyata, 5 Anggota Tubuh Ini Tak Mesti Dibersihkan Setiap Hari

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 09 Jun 2019, 21:00 WIB
Ilustrasi kamar mandi

Liputan6.com, Jakarta - Saat sedang mandi, seluruh bagian tubuh akan Anda bersihkan guna memastikan itu semua bersih. Mungkin tujuan Anda memang baik, agar tubuh bersih dari kuman.

Namun, para ahli kesehatan menyebut bahwa ada beberapa bagian tubuh manusia yang tidak perlu dibersihkan setiap hari. Tak hanya itu, membersihkannya juga punya teknik tersendiri dan tidak sembarangan.

Ada beberapa faktor penyebab mengapa anggota tubuh ini tak boleh dibersihkan setiap hari. Mulai dari bagian tubuh yang mudah iritasi hingga mudah kering.

Seperti dikutip dari laman Bustle.com, Kamis (9/6/2019), berikut 5 bagian tubuh yang ternyata tak perlu dibersihkan setiap hari.

2 of 6

1. Lengan dan Kaki

Ilustrasi
Ilustrasi jari kaki. (dok. pexels.com/Asnida Riani)

Selama ini, ketika sedang mandi seluruh bagian tubuh akan disabuni hingga bersih, termasuk bagian lengan dan kaki.

"Lengan dan kaki tidak menghasilkan banyak minyak, jadi dengan menggunakan sabun setiap hari dapat menyebabkan kulit mengering," ujar Dr. Kelly Kasper.

Meskipun mungkin tergoda untuk membersihkan bagian-bagian tubuh ini setiap hari, ingatlah bahwa ada yang tak perlu dibersihkan berlebihan.

3 of 6

2. Hidung

Mengorek hidung atau ngupil (istock)
Ilustrasi mengorek hidung atau mengupil (iStockphoto)

Hidung juga merupakan bagian tubuh yang baik untuk dibiarkan saja dan tak dibersikan setiap saat.

"Banyak orang dewasa yang melakukan kesalahan karena membersihkan kotoran di hidung, yang dapat menyebabkan mimisan, pembengkakan dan pengerasan kulit," ujar Dr. Illing

"Daripada menggunakan jari atau tisu untuk membersihkan hidung yang tersumbat atau kotor, lebih baik gunakan air yang secara perlahan dibilas ke hidung," katanya.

 

4 of 6

3. Vagina

Vagina Alat Kelamin Perempuan
Ilustrasi Foto Vagina (iStockphoto)

Selama ini wanita salah persepsi. Vagina harus selalu dibersihkan dan itu dilakukan saat mandi menggunakan sabun yang dipakai untuk membersihkan tubuh.

Membersihkan vagina dengan sabun bukan ide yang baik. Sebab, kadar Ph pada sabun tidak sesuai dengan organ intim Anda.

"Membersihkan vagina Anda dengan sabun beraroma, cairan, douche, dan produk lain dapat mengganggu keseimbangan alami bakteri baik dan jahat di wilayah ini," kata Dr. Okeke-Igbokwe.

 

5 of 6

4. Telinga

Telinga (iStockphoto)
Ilustrasi telinga (iStockphoto)

Kebanyakan orang menggunakan kapas untuk membersihkan telinga, tetapi para dokter mengatakan bahwa tindakan ini dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan.

"Kulit saluran telinga sangatlah sensitif. Penggunaan kapas akan dapat menyebabkan iritasi hingga pembengkakan," ujar Dr. Elisa Illing.

Jika Anda ingin membersihkan telinga, sebaiknya pergi ke dokter karena mereka punya teknik pembersihan yang aman.

6 of 6

5. Mata

Basic Trik untuk Mengaplikasikan Makeup nan Rapi dan Flawless
Ilustrasi mata. (Foto: unsplash.com)

Untuk menghindari masalah, sebaiknya Anda tidak membersihkan mata dengan mengusapnya pakai tangan.

"Kelenjar lakrimal menghasilkan air mata yang tidak hanya membantu melumasi mata tetapi juga berfungsi untuk membersihkan dan melindungi mata dari puing-puing dan iritasi lainnya," kata Dr. Okeke-Igbokwe.

Seperti halnya telinga Anda, jika ada sesuatu di mata Anda dan menjengkelkan, bicaralah dengan dokter Anda tentang cara terbaik untuk mengekstraknya.

Lanjutkan Membaca ↓