Sukses

Manis dan Legit, Durian Termahal di Dunia Ini Dijual Seharga Rp 680 Juta

Durian kanyao - merupakan yang termahal di dunia - menarik tawaran dari lusinan orang kaya pecinta buah beraroma menyengat itu di Thailand.

Liputan6.com, Bangkok - Buah durian ini terjual secara mengejutkan dengan harga fantastis 1,5 juta baht atau sekitar Rp 680 juta di sebuah lelang di Thailand.

Durian Kanyao - merupakan yang termahal di dunia - menarik tawaran dari lusinan orang kaya pecinta buah itu di acara lelang di Nonthaburi, Thailand tengah baru-baru ini.

Seperti dikutip dari Channel News, Jumat (7/6/2019), pihak berwenang memilih durian untuk lelang sehari sebelumnya dari sebuah lahan pertanian terdekat. Di sana buah beraroma menyengat itu dibanderol minimum 20.000 baht atau sekitar Rp 90 juta, tapi di acara lelang harganya bisa berlipat ganda. 

Durian mewah - dipilih karena ukuran, bentuk, dan kematangannya yang sempurna - bahkan memecahkan rekor tahun sebelumnya yang terjual 800.000 baht di festival King Of Durian 2019.

Acara glamor - yang menampilkan parade buah durian di atas bantal beludru merah dan emas - menghadirkan sembilan durian. Mereka adalah spesies Monthong, Kanyao, dan Kop Med Tao, yang masing-masing dibanderol lebih dari 300.000 baht sekitar Rp 136 juta.

Pemilik pertanian Pa Toi Lung Mu --tempat durian seharga 1,5 juta baht ditanam, Maliwan Han Chai Thai, mengatakan: "Saya tahu ini adalah durian yang sangat istimewa, tetapi saya kagum pada harganya. Saya mengharapkan satu juta baht, menjual lebih banyak sangat bagus.

"Saya berharap penawar tertinggi menikmati makan duriannya. Varietas ini adalah yang paling lezat di dunia dan kami akan terus mengembangkannya."

Durian Kanyao, varietas durian paling mahal dan paling dicari di dunia ini dijual kepada pengusaha lokal kaya raya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Penjualan

Total hasil 4,5 juta baht dari lelang durian ini akan diserahkan ke petani, sebagian di antaranya juga disumbangkan ke badan amal setempat untuk membeli peralatan medis untuk rumah sakit.

Durian Kanyao - jenis yang tumbuh di wilayah Nonthaburi sekitar 65 km Bangkok Utara- dianggap yang terbaik di dunia berkat rasa manis dan teksturnya yang lembut.

Durian Kanyao hampir musnah setelah banjir besar beberapa tahun yang lalu. Tetapi pertanian satu-satunya tempat buah itu tumbuh berhasil dipulihkan.

Seluruh durian jenis tersebut biasanya dijual di Thailand dengan harga sekitar 500 baht (Rp 226 juta) - atau bahkan lebih mahal di Barat - tergantung pada beratnya. Sementara di pertanian tempatnya tumbuh dibanderol mulai dari 20.000 baht per buah sekitar Rp 90 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini