Sukses

Air di Satu Desa Ini Tiba-Tiba Berubah Jadi Pink, Ada Apa?

Melihat warna air yang biasa mereka gunakan tiba-tiba berubah menjadi pink, masyarakat di Coal Grove mengaku kaget.

Liputan6.com, Coal Grove - Ratusan warga sebuah desa di Negara Bagian Ohio, Amerika Serikat kaget bukan main setelah mengetahui air yang biasa mereka gunakan berubah warna menjadi pink.

Dikutip dari laman Oddity Central, Jumat (7/6/2019), melihat warna air yang biasa mereka gunakan tiba-tiba berubah jadi pink, masyarakat di Coal Grove mengaku kaget.

Sebab, mereka meyakini hal tersebut tidak lazim. Warga pun melaporkan kejadian ini kepada otoritas setempat.

Setelah menerima banyak keluhan dari penduduk, otoritas kemudian memberi penjelasan sekaligus meminta maaf.

Dalam penjelasan mereka, disebutkan telah terjadi malfungsi di bagian pompa perawatan air dan berakibat kepada terlepasnya Sodium Permanganate dalam jumlah banyak di tangki.

Meski begitu, otoritas menerangkan bahwa air pink itu masih bisa diminum karena berdasarkan uji laboratorium, kandungan Sodium Permanganate masih jauh dari ancaman risiko kesehatan.

Sodium Permanganate biasanya digunakan untuk menghilangkan zat besi dan mangan dalam air. Dengan mengoksidasi mereka, kedua zat itu bisa ditangkap saringan sebelum air dialirkan ke pipa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Solusi dari Pejabat Coal Grove

Pejabat Coal Grove kemudian mengimbau warga untuk terus menerus menyalakan keran agar airnya terus mengalir.

Dengan cara tersebut diyakini bahwa kandungan yang membuat air berwarna merah muda akan segera hilang dan kembali normal.

Meski sudah mendapat jaminan dari perusahaan air, sejumlah warga mengungkapkan mereka bakal bergantung kepada air kemasan di botol hingga semuanya kembali normal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini